Citizen Reporter

KKN Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Gelar Lomba Gambar dan Mewarnai, Hari Minggu untuk Anak

Mahasiswa KKN Tematik Mandiri Kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan lomba menggambar dan mewarnai untuk anak SD dan TK.

KKN Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Gelar Lomba Gambar dan Mewarnai, Hari Minggu untuk Anak
foto: istimewa
Mahasiswa KKN Tematik Mandiri Kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan lomba menggambar dan mewarnai dengan tema desaku untuk anak SD dan TK, Minggu (20/1/2019). 

MENGGAMBAR  dan mewarnai adalah salah satu kegiatan yang banyak diminati anak-anak. Pengajaran menggunakan metode menggambar dan mewarnai tentu sudah sering diajarkan sejak TK. Kegiatan itu menyenangkan karena mereka bisa belajar mengenal warna dan berkreasi sesuai imajinasi.

Mahasiswa KKN Tematik Mandiri Kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan lomba menggambar dan mewarnai dengan tema desaku untuk anak SD dan TK, Minggu (20/1/2019).

Peserta yang sebagian besar berasal dari Desa Tambegan, KecamatanArosbaya, Kabupaten Bangkalan itu untuk mengembangkan potensi dan kreativitas anak melalui gambar dan warna. Acara itu dilakukan karena mahasiswa melihat antusias anak-anak desa yang gemar menggambar.

Acara berlangsung di rumah Kepala Desa Tambegan, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Keramaian acara bukan hanya karena pesertanya lebih dari 100 anak, melainkan juga karena para ibu yang ikut menemani anak-anak.

Menurut Azka, salah satu siswa SD Tambegan, acara itu sangat menyenangkan karena dia dapat berkumpul bersama teman-temannya untuk menggambar di hari sekolah.

Kegiatan dimulai dengan bermain dan belajar yang dipandu oleh Eni Lestari dan Ali Hamengku Sri Alam Kamukten, mahasiswa Jurusan PGSD. Anak-anak antusias mengikuti permainan, mulai dari berbagai tepuk dan pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran seperti hafalan surat atau lagu kebangsaan.

Beberapa anak berani maju untuk menghafal atau bernyanyi. Mahasiswa sudah menyiapkan hadiah untuk mereka.

Acara utama dimulai dengan sambutan Sajirin, Kepala Desa Tambegan. Menurutnya, mahasiswa KKN hebat karena bisa mengumpulkan lebih dari 100 peserta.

Pukul 08.30, lomba menggambar dan mewarnai dimulai. Lomba dibagi menjadi tiga kategori, yaitu untuk TK, kelas 1-3, dan kelas 4-6. Pembagian dilakukan dengan pertimbangan tingkat kemampuan anak yang berbeda.

Lomba berlangsung dengan lancar diiringi lagu anak-anak. Sehari itu memang khusus untuk mereka dengan bermain bersama, belajar, dan bersenang-senang.

Masa kanak-kanak identik dengan bermain bersama teman, tetapi sekarang tuntutan belajar kadang-kadang memotong waktu bermain. Dengan acara itu diharapkan potensi anak dapat digali.

Ilma Luthfi Tsania
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura
Ilmatsania55@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved