Citizen Reporter

Gemapedia Universitas Negeri Malang, Tetap Belajar dengan Goes to Lapas

Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (Gemapedia) Universitas Negeri Malang melakukan pengabdian Goes to Lapas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang.

Gemapedia Universitas Negeri Malang, Tetap Belajar dengan Goes to Lapas
foto: istimewa
Ilustrasi 

GERAKAN Mahasiswa Peduli Pendidikan (Gemapedia) Universitas Negeri Malang kembali melakukan pengabdian Goes to Lapas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang, Senin (11/2/2019). Pengabdian akan berlangsung hingga 6 minggu kemudian. Tercetusnya kegiatan itu didasari oleh semangat untuk memberikan ilmu kepada para napi yang belum menyelesaikan pendidikannya baik di SD, SMP, ataupun SMA.

Pada pembukaan pengabdian perdana itu, juga diisi dengan pengenalan area lapas yang diberikan Djoko Waluyo, selaku Kasi Registrasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang. Djoko mengenalkan beberapa sarana dan prasarana yang terdapat di area lapas kepada sukarelawan pengajar Gemapedia. Mereka diajak berkeliling ke lapangan basket, lapangan futsal, pondok pesantren, dan beberapa tempat ibadah yang berada di sana di antaranya masjid, gereja, dan pura.

Setelah selesai berkeliling, para sukarelawan dipersilakan memulai pengabdian kepada penghuni lapas. Pengabdian dilakukan dengan mengajarkan soal ujian kejar paket yang terdiri atas paket A. B, dan C.

Pengajaran yang diberikan pun cukup menarik. Keterbatasan sarana dan prasarana tak menjadi hambatan untuk para penghuni lapas mengikuti pembelajaran kejar paket. Pembelajaran dilakukan dalam satu ruang dan hanya terpisah sekat antara paket A, paket B, dan paket C.

Pengajaran yang diberikan dilakukan selama 2 jam dimulai pukul 08.00-10.00. Kegiatan lebih bersifat santai, namun tetap kondusif. Candaan sesekali tercipta antara sukarelawan dan penghuni lapas.

Semua berharap kegiatan itu bermanfaat dan dapat menyebarkan energi positif kepada para napi. Pendidikan dapat diperoleh kapan pun dan di mana pun. Bangga mendidik, mengabdi, dan menginspirasi anak bangsa.

Rodhwa Baro Hanifah
Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa
Universitas Negeri Malang
odhwa.rh@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved