Citizen Reporter

Berkunjung ke Bukit Budug Asu di Lereng Gunung Arjono, begini Suasananya

Rombongan kecil dari Sidoarjo sudah bersepakat untuk menjelajah Budug Asu di Malang, beberapa waktu lalu.

Berkunjung ke Bukit Budug Asu di Lereng Gunung Arjono, begini Suasananya
foto: istimewa
Menikmati suasana Bukit Budug Asu lereng Gunung Arjono. 

JAWA TIMUR, seberapa jauh sudah dieksplorasi? Sudahkah ada yang merasakan kesejukan gugusan gunung dan beberapa bukitnya?

Salah satu nya adalah bukit Budug Asu. Rombongan kecil dari Sidoarjo sudah bersepakat untuk menjelajah Budug Asu di Malang, beberapa waktu lalu.

Budug Asu adalah salah satu bukit yang berada di lereng Gunung Arjuno, tepatnya di kawasan agrowisata Kebuh Teh Wonosari, Lawang , Kabupaten Malang.

Lokasi tempat selfi baru di Kabupaten Malang itu memang belum seberapa terkenal karena awalnya hanya dikenal di kalangan motor crosser dan mereka yang gemar offroad.

Jalur mencapai puncak bukit perlu pengorbanan dan usaha lebih, sebab rute yang ditempuh adalah rute khas motor cross dan offroad. Akses jalannya juga masih sangat alami yaitu susunan batu alam dan tanah yang akan licin dan berlumpur ketika hujan.

Budug menurut kamus artinya adalah penyakit gatal, sedangkan asu adalah nama lain dari anjing. Mungkin nama Budug Asu di ambil dari suasana menuju puncak yang banyak berkeliaran anjing yang tak terawat milik warga.

Bukit ini berada di ketinggihan 2.000 mdpl. Sekitar 1-2 jam berjalan dari lokasi parkir. Pemandangan di sepanjang jalan hingga ke puncak benar-benar membayar lelah. Perkebunan teh dan kopi serta barisan pohon pinus yang rapi dan indah menjadi spot selfi favorit. Puncak Budug Asu terletak di balik gazebo pembayaran tiket masuk. Perlu perjuangan ekstra untuk mendakinya.

Tanjakan dhemit adalah tantangan terbesar yang harus dilalui demi mencapai puncak bukit dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Saat tiba di puncak, pemandangannya sangatlah indah.
Wisata alam di gunung dan perbukitan memang tak akan membosankan. Ditambah dengan tiupan angin sepoi-sepoi sambil menikmati secangkir teh hangat khas kedai yang berada di puncak bukit, benar-benar nyaman. Mata seketika terhipnotis dengan kemegahan Gunung Arjuno, hamparan perkebunan teh, hutan pinus, serta perkebunan kopi dan padang savana yang tumbuh rimbun.

Erisa Al Maidah
Mahasiswa Manajemen
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
erisaalma1207@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved