Rumah Politik Jatim

Pengajian Dihadiri Caleg PDIP Diduga Ada Money Politics, Ini yang akan Dilakukan Bawaslu Kota Madiun

Bawaslu Kota Madiun menindaklanjuti informasi dugaan money politics dalam acara pengajian yang dihadiri caleg PDIP

Pengajian Dihadiri Caleg PDIP Diduga Ada Money Politics, Ini yang akan Dilakukan Bawaslu Kota Madiun
surya/rahadian bagus
Ketua Bawaslu Kota Madiun, Kokok Heru Purwoko, saat dimintai keterangan terkait dugaan money politics. 

SURYA.co.id | MADIUN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun menindaklanjuti informasi dugaan money politics dalam acara pengajian yang dihadiri caleg DPR RI asal PDIP Dapil Delapan, Sadarestuwati di Kota Madiun, (26/2/2019) pekan lalu.

Informasi yang didapat Bawaslu Kota Madiun, sekitar 200 wanita yang mengikuti acara itu mendapatkan amplop berisi uang Rp 50 ribu. Amplop itu diberikan kepada peserta pengajian yang digelar di rumah warga di Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Madiun, Kota Madiun.

"Ada dua dugaan pelanggaran yang terjadi. Pelanggaran administrasi dan pidananya. Pelanggaran administrasi berupa kampanye tanpa surat tanda terima pemberitahuan kampanye (STTP)," ujar Ketua Bawaslu Kota Madiun, Kokok Heru Purwoko, kepada wartawan, Senin ( 4/3/2019).

Untuk kasus pidana, kata Kokok, terkait dugaan money politic berupa bagi-bagi uang kepada peserta pengajian. Setiap  warga yang menghadiri pengajian diberi amplop berisi uang sebesar Rp 50 ribu.

Kokok menyatakan tim Bawaslu Kota Madiun memiliki sejumlah bukti video. Rencananya, Bawaslu akan memanggil Sadarestuwati setelah memeriksa saksi-saksi.

"Nanti akan kami panggil setelah kami periksa saksi-saksi. Kami akan panggil saksi-saksi lagi untuk menguatkan dugaan kasus money politicnya," jelasnya.

Sedangkan terkait persoalan administrasinya, tim Bawaslu Kota Madiun sudah memprosesnya.

"Untuk pelanggaran adminsitrasi sudah kami prosesm dari keterangan saksi sudah jelas, besok sudah keluar rekomendasi dari kami," imbuhnya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved