Berita Jember

Beli Tiket KA Lokal Jember-Banyuwangi Kini Bisa Lewat Online

Calon penumpang kereta api lokal di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasional (Daop) 9 Jember kini tidak perlu antre untuk membeli tiket KA lokal

Beli Tiket KA Lokal Jember-Banyuwangi Kini Bisa Lewat Online
surya/nuraini faiq
Ilustrasi penumpang kereta api 

SURYA.co.id | JEMBER - Calon penumpang kereta api lokal di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasional (Daop) 9 Jember kini tidak perlu antre untuk membeli tiket kereta api (KA) lokal. Sebab kini pembelian tiket untuk KA lokal relasi Jember - Banyuwangi sudah tersedia di aplikasi KAI Access. Sebelumnya, pembelian tiket lokal ini tidak dilayani melalui aplikasi tersebut.

Namun per 1 Maret 2019, penumpang sudah bisa mengakses layanan pembelian tiket itu. Di wilayah kerja PT KAI Daop 9 Jember ada rute KA lokal yakni Jember - Banyuwangi, yang dilayani oleh KA Pandanwangi. Ada dua kali keberangkatan dari Jember ke Banyuwangi, begitu juga sebaliknya, dua keberangkatan dari Banyuwangi.

Harga tiketnya Rp 8.000. Karenanya tiket kereta api murah ini kerap menjadi buruan penumpang. Tidak jarang terjadi antrean mengular saat pembelian secara go-show.

Di saat-saat tertentu, seperti hari libur, tiket kereta api ini sudah ludes terjual dan informasi tentang habisnya tiket tidak bisa dilihat melalui aplikasi pembelian tiket secara online, seperti aplikasi KAI Access itu, karena tidak tersedia di aplikasi itu. Penumpang yang akan membeli tiket secara langsung harus pulang dengan tangan kosong saat tiket sudah habis terjual.

Tetapi kini, calon penumpang bisa melihat ketersediaan kursi KA lokal Pandanwangi karena sudah tersedian di KAI Access. Sehingga penumpang tidak perlu antre atau khawatir kehabisan tiket.

Tiket KA Lokal Sudah Bisa Dipesan Lewat Online, Calon Penumpang Tak Perlu Antre Lagi

Minimarket Berjejaring di Kota Blitar Hanya Boleh Beroperasi di 17 Ruas Berikut

“KAI melihat animo masyarakat sangat tinggi terhadap moda transportasi KA Lokal. Sebelumnya, penumpang masih harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA Lokal. Kini, calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui smartphone mereka di mana saja dan kapan saja,” kata Manajer Humas Daop 9 Jember, Luqman Arif, Minggu (3/3/2019).

Menurut Luqman, pembukaan akses pemesanan tiket KA lokal ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access dengan metoda pembayaran menggunakan LinkAja. LinkAja merupakan aplikasi pembayaran digital karya dari Sinergi BUMN.

Di Daop 9 Jember, lanjut Luqman, setiap hari ada empat perjalanan KA Lokal Pandanwangi dengan relasi Jember - Banyuwangi. Adapun jadwal keberangkatan dari Stasiun Jember, yaitu pada pukul 05.00 Wib dan pukul 15.30 Wib. Sedang keberangkatan dari Stasiun Banyuwangi baru pada pukul 10.00 Wib dan 20.30 Wib.

Pembelian tiket KA Lokal dilakukan pada menu 'Local Train' di aplikasi KAI Access. Adapun untuk periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini tetap mengikuti aturan yang berlaku, yaitu dipesan H-30 (tiga puluh hari sebelum keberangkatan).

Pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini berlaku satu identitas penumpang hanya untuk satu relasi/rute KA pada hari yang sama. Nantinya penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access, cukup menunjukkan Kartu Identitas asli sesuai nama pada tiket dan E-Boarding Pass saat melakukan boarding untuk naik KA. Tiket KA Lokal yang dibeli di KAI Access hanya dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya melalui loket stasiun.

Dari pantauan Surya di aplikasi KAI Access, pembelian tiket KA lokal Pandanwangi relasi Jember - Banyuwangi sudah bisa diakses per Maret ini. KA itu melewati sejumlah stasiun antara lain, mulai dari Stasiun Jember - Arjasa - Kalisat - Ledokombo - Garahan - Kalibaru - Sumberwadung - Temuguruh - Singojuruh - Kalisetail - Rogojampi - Karangasem - dan berakhir di Stasiun Banyuwangi Baru.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved