Citizen Reporter

Mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang Gelar Praktik Kewirausahaan, Bisnis Bisa Dimulai dari Rumah

Salah satu jenis usaha yang dipraktikkan oleh 12 mahasiswa STIE PGRI Jombang adalah nugget singkong.

Mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang Gelar Praktik Kewirausahaan, Bisnis Bisa Dimulai dari Rumah
foto: istimewa
Mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang mengadakan praktik kewirausahaan, Senin (4/2/2019). 

MAHASISWA STIE PGRI Dewantara Jombang mengadakan praktik kewirausahaan, Senin (4/2/2019). Kegiatan dilaksanakan di rumah Nurul Ulum, Kepala Dusun Gading, Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Kegiatan dihadiri 20 warga Dusun Gading dengan mengusung tema saatnya wanita berperan dalam bisnis.

Sofiul, mahasiswa STIE PGRI Jombang, mengungkapkan cara memulai berwirausaha yakni bergabung dengan komunitas pengusaha, bertanya tentang kegiatan wirausaha yang diminati, dan terus belajar mengembangkan usaha yang akan dibangun. Selain itu, mereka harus berani action dan bekerja sama dengan yang sudah ahli.

Sofiul menambahkan, tips pemasaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan media online untuk promosi. Bisnis memanfaatkan media online membuat wanita tetap bisa efektif melakukan tugas lain di rumah.

Salah satu jenis usaha yang dipraktikkan oleh 12 mahasiswa STIE PGRI Jombang adalah nugget singkong. Singkong yang mudah diperoleh menjadi peluang sebagai lapangan usaha.

Niki, mahasiswi STIE PGRI Jombang, mengungkapkan beberapa bahan yang disiapkan untuk membuat nugget singkong. Bahannya mudah diperoleh, yakni singkong, tepung terigu, tepung panir, garam, gula, dan bubuk vanili.

Secara bergerombol, warga antusias mencatat resep pembuatan nungget singkong. Selain singkong yang mudah didapatkan, proses pembuatannya pun sederhana.

Singkong diparut dan dicampur dengan tepung terigu, gula, dan bubuk vanili. Setelah itu, adonan dikukus sekitar 15 menit. Setelah dikukus, tunggu sampai dingin dan dipotong sesuai selera.

Dalam wadah terpisah, dibuat adonan dari terigu, garam, dan gula. Singkong yang sudah diiris diberi tepung panir dan siap untuk digoreng. Tunggu hingga kuning keemasan dan tiriskan. Supaya menarik, beri hiasan keju dan susu putih sebagai hiasan.

Seusai acara, seluruh peserta mendapatkan nungget singkong untuk dinikmati bersama. Kegiatan itu membawa energi positif bagi warga untuk bersemangat berbisnis di sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga.

Ighfirotun Nazidah, warga Desa Tugusumberjo berharap, kegiatan kewirausahaan yang sudah dipraktikkan di Dusun Gading itu bisa ditularkan ke warga yang lain sehingga ibu-ibu warga dusun lebih produktif dan terinspirasi untuk berbisnis. Itu sesuai dengan jargon awal, saatnya wanita berperan dalam bisnis.

Kegiatan kewirausahaan itu diagendakan berlangsung selama satu bulan dengan berpindah lokasi antardusun di Desa Tugusumberjo. Dengan demikian, banyak warga yang mendapat materi berbeda supaya terinspirasi.

Suci Aristanti
Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
suciaristanti27@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved