Citizen Reporter

Magang Bersertifikat di Pelindo III, Mahasiswa Diperkenalkan Program Zero Plastik dan Penghijauan 

Sesuai dengan semangat “BUMN Hadir untuk Negeri”, Pelindo III memiliki beberapa program agar lebih dekat dengan masyarakat.

Magang Bersertifikat di Pelindo III, Mahasiswa Diperkenalkan Program Zero Plastik dan Penghijauan 
foto: istimewa
Perserta Magang Pelindo III mengikuti salah satu program BUMN tersebut. 

Pelabuhan merupakan tempat vital dalam perekonomian dan perhubungan. Itu karena pelabuhan menjadi sentral untuk keluar masuknya moda transportasi darat dan laut.

Pengelolaan sistem yang ada di pelabuhan pada zaman modern membuat banyak perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki bisnis dalam mengelola pelabuhan. Salah satunya adalah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yang berletak di Surabaya.

Pelindo III beroperasi sejak 1991 dan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia. Itu dapat dilihat dari banyaknya anak perusahaan yang memiliki fokus dan bertujuan untuk memudahkan kegiatan kepelabuhanan. Salah satunya adalah Surabaya North Quay yang menjadi terminal penumpang modern pertama di Indonesia.

Sesuai dengan semangat “BUMN Hadir untuk Negeri”, Pelindo III memiliki beberapa program agar lebih dekat dengan masyarakat. Salah satunya adalah Program Magang Bersertifikat yang diselenggarakan dengan kerja sama Pemerintah Kota Surabaya dan Kementerian BUMN.

Program itu sudah kali kedua diadakan untuk mahasiswa yang ingin mengetahui lebih dalam tentang dunia kepelabuhanan serta untuk mengenal dunia kerja sebelum lulus.

Program Magang Bersertifikat itu dibuka secara resmi jajaran direksi Pelindo III dan perwakilan universitas asal peserta di Ruang Bromo, Kantor Pusat Pelindo III, Senin (28/1/2019).

Peserta yang mengikuti program itu sangat antusias. Total peserta 68 mahasiswa dari seluruh Indonesia. Peserta paling jauh berasal dari Politeknik Perikanan Negeri Tual, Maluku Tenggara.

“Program ini sangat menarik dan saya menjadi lebih mengerti PT Pelindo dan segala aktivitas di pelabuhan,” kata Dwira Fikho Indrawan, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang saat pembukaan program.

Program yang dilakukan selama enam bulan itu dibagi dalam beberapa unit kerja di lingkungan Pelindo III. Peserta tidak hanya ditempatkan di kantor, tetapi juga di beberapa anak perusahaan Pelindo III.

Peserta program juga banyak dilibatkan dalam program lainnya seperti Millennial Movement dengan kegiatan zero plastic dan gerakan menanam pohon. Itu dilakukan Jumat (1/2/2019) di Bundaran Jangkar Surabaya.

“Sebagai mahasiswa saya sangat beruntung dan akan menjadi pengalaman tersendiri dapat lebih mengetahui Pelindo III ini sehingga mahasiswa dapat memiliki modal lebih untuk bisa dikembangkan di masa yang akan datang,” ujar Abdul Karim, mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga.

Yunaz Ali Akbar Karaman
Mahasiswa Peserta Magang BUMN Bersertifikat
karamanali986@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved