Citizen Reporter

KTB Menginspirasi, 3 Siswa Berprestasi Bidang Otomotif Berpeluang Jadi Mekanik di Dealer Mitsubishi

SELAMA hampir seminggu (28/1-1/2/2019) PT KramaYudha Tiga Berlian Motor (KTB) terjun langsung mengajar di SMK Negeri 1 Singosari.

KTB Menginspirasi, 3 Siswa Berprestasi Bidang Otomotif Berpeluang Jadi Mekanik di Dealer Mitsubishi
foto: istimewa
PT KramaYudha Tiga Berlian Motor (KTB) terjun langsung mengajar di SMK Negeri 1 Singosari memberi bekal siswa terkait otomotif. 

SELAMA hampir seminggu (28/1-1/2/2019) PT KramaYudha Tiga Berlian Motor (KTB) terjun langsung mengajar di SMK Negeri 1 Singosari dalam kegiatan FUSO Belajar & Menginspirasi. Salah satu perusahaan authorized distributor kendaraan niaga Mitsubishi FUSO di Indonesia itu menyebarkan semangat dan inspirasi kepada 100 siswa SMK KELAS XI dan XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Kegiatan itu untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman para siswa agar dapat mempersiapkan diri pada saat memasuki dunia kerja.

Kegiatan dibagi menjadi tiga sesi. Senin-Selasa, siswa diberi materi seputar house keeping, keselamatan kerja, automobile, dan pengenalan produk terbaru Fuso Fighter dengan menggunakan mesin teknologi terbaru.

Kegiatan Rabu dan Kamis meliputi penerapan teori dan studi kasus melalui praktik di bengkel. Jumat menjadi penutup kegiatan pelatihan untuk siswa kelas XI dan pemberian materi seputar persiapan diri melamar pekerjaan di perusahaan bagi kelas XII.

Sistem pelatihan yang diberikan bukan sekadar pelatihan biasa. Pihak KTB menilai secara objektif kemampuan yang dimiliki siswa, baik kemampuan pengetahuan maupun praktiknya.

Berdasarkan acuan penilaian itu, pihak KTB mengapresiasi tiga siswa yang memiliki kemampuan lebih di bidang otomotif.

Mereka memberi piagam, sertifikat, dan tropi. Selain itu, ketiga siswa itu jika sudah lulus akan diberi kemudahan menjadi mekanik di dealer Mitsubishi di area Malang karena strong rekomendasi dari pihak KTB.

Berbeda dengan empat hari awal, Jumat siswa kelas XII diberi bekal cara menulis surat lamaran pekerjaan, sikap saat memasuki area perusahaan, cara melakukan wawancara agar mampu diterima di perusahaan yang diinginkan.

“Penyampaian materinya menggunakan metode bermain peran atau roleplaying sehingga memudahkan siswa memahami materinya,” tutur Titin, guru BK TKR yang mendampingi siswa.

Pelaksanaan program itu merupakan kelanjutan dari tahap pertama yang sebelumnya telah diikuti 300 siswa di lima kota besar di Indonesia, seperti Palembang, Banjarbaru, Makasar, Lampung. Pada tahun ini ada 11 sekolah binaan yang tersebar di beberapa kota, yakni dua di Jakarta, dua di Bekasi, Medan, Lampung, Malang, Banjarbaru, Solo, Palembang, dan Makasar.

“Diharapkan, kegiatan itu mampu memperluas jaringan sekolah lain yang belum menjadi sekolah binaan. Capaian akhirnya, mampu memberi manfaat dan membangun motivasi kepada siswa SMK yang memiliki daya saing unggul berupa ilmu yang ditekuni di bidangnya, mampu menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja,“ tutur Doni Hermawan, Head of CSR PT KTB.

Annisa Ariyani
Guru Bahasa Indonesia
SMKN 1 Singosari
annisaariyani93@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved