Lapor Cak

Jalan Raya Darmo Surabaya Semrawut oleh Penjemputan Sekolah

Lalu lintas di Jalan Raya Darmo tidak hanya macet setiap jam penjemputan waktu pulang sekolah Santa Maria Surabaya.

Jalan Raya Darmo Surabaya Semrawut oleh Penjemputan Sekolah
SURYAOnline/nuraini faiq
Suasana macet dan semrawut lalu lintas di Jl Raya Darmo saat jam penjemputan pulang sekolah Santa Maria Surabaya, Selasa (26/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lalu lintas di Jalan Raya Darmo tidak hanya macet setiap jam penjemputan waktu pulang sekolah Santa Maria Surabaya. Namun, lalu lintas menjadi semrawut. Ratusan mobil saling mencari sela di jalan utama itu. 

Kondisi makin semrawut karena persis sebelum pintu masuk utama sekolah tersebut banyak mobil berhenti bahkan parkir di badan jalan depan sekolah. Bukan masuk di halaman atau lingkungan sekolah.

Ada yang mereka berlama-lama parkir di tepi badan jalan. Ada pula yang tetap mesin menyala, berhenti sambil menunggu siswa yang dijemput masuk mobil. Mobil berderet memanjang hingga seratusan meter. 

Kondisi makin parah karena pertigaan sebelum sekolah sudah banyak mobil antre. Baik yang mobil yang dari Dinoyo maupun dari Urip Sumoharjo bertemu di pertigaan yang tersendat tersebut. Akibanya macet tak terhindarkan.

Belum terurai di pertigaan tersebut, kondisi lalu lintas kembali macet setelah pertigaan ini. Banyak mobil berhenti dan parkir di depan sekolah. Padahal tertera besar-besar rambu larangan parkir dan larangan berhenti persis di atas kendaraan tersebut.

"Setiap hari seperti itu. Banyak mobil berhenti di pinggir jalan saat jam pulang sekolah. Kok tidak ada petugas ya," ucap Maulana, salah satu pengguna jalan. 

Dia menuturkan bahwa Kalau satu mobil satu anak dan parkir di tepi jalan bisa dibayangkan akan banyak mobil menumpuk. Jam-jam  menjelang pulang sekolah selalu Jl Raya Darmo macet karena penumpukan mobil. 

Pantauan surya.co.id di lokasi pada Senin dan Selasa kemarin terjadi antrean mobil persis di titik depan sekolah tersebut. Banyak mobil sudah menyalakan sign tanda hendak menepi. Sebagian mobil ada yang masuk ke kawasan sekolah. Sebagian yang lain menanti di tepi Jalan Raya Darmo.

Ada sebagian siswa yang sudah menanti di tepi jalan. Pantauan Surya.co.id, Tampak seorang siswi melambaikan tangan untuk memberi tanda bahwa dirinya ada di tepi jalan dan kemudian masuk jemputan mobil.

Demikian Gambaran proses penjemputan siswa di Jalan Raya Darmo tersebut. Namun tidak semua siswa dijemput dalam waktu yang bersamaan tibanya mobil di jalan raya itu. Tidak sedikit yang menanti dan berhenti di tepi jalan itu. 

Banyaknya mobil yang berhenti dan menjemput siswa, penyempitan jalur tak bisa dihindari. Akibatnya macet memanjang dari arah Utara atau memasuki Jl Raya Darmo. Jalan Urip Sumoharjo yang relatif lancar selepas lampu merah tersendat di Jl Raya Darmo.

Jalur yang biasanya tidak sampai menumpuk hingga empat lajur kendaraan itu kalau saat jam penjemputan menjadi empat lajur penuh.

"Memang tidak lama, tapi kalau bisa diatur petugas atau dibatasi mobil penjemput kan tidak sampai macet," kata Maulana.

Tampak di Jalan Raya Darmo itu memang tidak ada petugas yang mengatur di jalur yang macet tersebut. Warga dan pengguna jalan berharap jam penjemputan sekolah itu diatur agar jalur tetap lancar dan tidak semrawut. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved