Citizen Reporter

Lomba Literasi Siswa dan Sudut Baca Kelas, Sudut Kelas Dihias agar Tarik Minat Baca Siswa

SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta mengadakan Lomba Literasi Siswa dan Sudut Baca Kelas, Sabtu (26/1/2019).

Lomba Literasi Siswa dan Sudut Baca Kelas, Sudut Kelas Dihias agar Tarik Minat Baca Siswa
foto: istimewa
Sudut Baca Kelas dihias sedemikian rupa agar menarik minat baca siswa. 

SD MUHAMMADIYAH 8 Jagalan Surakarta mengadakan Lomba Literasi Siswa dan Sudut Baca Kelas, Sabtu (26/1/2019).

Acara yang ditujukan sebagai pembuka rangkaian kegiatan peringatan milad ke-57 SD Muhammadiyah 8 Jagalan itu bertempat di gedung 1 dan 2 SD Muhammadiyah 8 Jagalan.

Lomba literasi siswa dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori kelas bawah dengan peserta yang berasal dari kelas 1,2, dan 3 serta kategori kelas atas yang diikuti oleh perwakilan siswa kelas 4-6.

Sejumlah 23 siswa kelas bawah berkompetisi membacakan cerita di depan juri dan penonton dengan intonasi serta ekspresi yang tepat.

Sedangkan 18 peserta lomba literasi kelas atas berlomba-lomba menceritakan kembali cerita yang sudah dibaca dari buku dengan kalimat sendiri.

Sementara itu, siswa yang tidak mengikuti lomba literasi membaca dan bercerita, bersiap di dalam kelas menanti tim juri yang akan menilai sudut baca masing-masing kelas.

Tampak setiap sudut kelas SD Muhammadiyah 8 Jagalan penuh dengan beragam jenis buku, lengkap beserta alas duduk bagi pembaca. Tak hanya itu, sudut kelas dihias sedemikian rupa untuk menarik minat baca para siswa.

Acara yang diadakan kali pertama itu, selain untuk memperingati milad sekolah, juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dalam rangka penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

GLS adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Kegiatan rutin itu dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca.

Milad SD Muhammadiyah 8 Jagalan diperingati Januari. Tahun ini, beberapa kegiatan diadakan, yakni kegiatan perlombaan siswa, refleksi milad dan sarasehan, serta jalan sehat keluarga besar sekolah dan pentas seni siswa yang diadakan Sabtu (2/2/2019).

Marina
Warga di Surakarta
teccemarr@yahoo.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved