Emil Dardak Ajak Warga Sekitar Bendungan Karangkates Jadi Relawan Jogo Kali

Wagub Jatim, Emil Dardak, mengajak warga di sekitar bendungan Karangkates di Kabupaten Malang agar menjadi relawan Jogo Kali.

Emil Dardak Ajak Warga Sekitar Bendungan Karangkates Jadi Relawan Jogo Kali
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Wagub Jatim, Emil Dardak menyusuri bendungan Karang Kates dan menebar benih ikan bersama jajaran, Minggu (24/2/2019). 

SURYA.co.id | MALANG - Setelah pekan lalu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyusuri hilir Sungai Brantas dan meluncurkan Relawan Jogo Kali di Surabaya Gresik dan Sidoarjo, hari ini Minggu (24/2/2019), giliran Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak yang turun langsung ke bendungan Karangkates dan Selorejo, Kabupaten Malang. 

Secara khusus ia mengajak masyarakat Kecamatan Sumberpucung dan taruna siaga bencana atau Tagana Kabupaten Malang menjadi Relawan Jogo Kali di Bendungan Karangkates.

Ia ingin peran serta masyarakat dalam kepedulian lingkungan hidup dapat terbangun hingga tercipta kesejahteraan masyarakat.

"Teman-teman Tagana juga mau ya jadi Relawan Jogo Kali. Masyarakat Sumberpucung juga siap nggih. Alhamdulillah," ujar Emil Dardak di Bendungan Karangkates.

Program Adopsi Sungai dan membentuk Relawan Jogo Kali merupakan program 99 hari kerja Khofifah-Emil.

Emil meyakini bahwa peran masyarakat sangat besar untuk menjaga kelancaran sistem lingkungan hidup.

"Apabila kita tidak menjaga sungai kita, maka akan berdampak pada kehidupan kita sendiri. Dulu orang mikir sungai dicemari tujuannya untuk memudahkan kehidupannya. Tetapi akhirnya menyusuhkan hidupnya sendiri," ujar Emil

Ngecat Stadion Bareng Aremania, Emil Dardak Minta Aremania Galang Persatuan\

Emil Dardak Beri Motivasi kepada Generasi Muda agar Punya Etos Kerja Tinggi & Semangat Gotong Royong

Jika air tercemar, maka sumber airnya menjadi tidak bisa diandalkan. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya banjir, mempengaruhi produktivitas pertanian, dan masih banyak dampak negatif lainnya.

Untuk mencegah agar bendungan tersebut tidak tercemar limbah, ia meminta agar Relawan Jogo Kali, Perum Jasa Tirta I, Pemkab Malang ikut aktif menjaganya dari hulu.

Pemprov Jatim siap bermitra dengan Pemkab Malang untuk menangani permasalahan di Bendungan Karangkates.

Selain mengajak masyarakat menjadi Relawan Jogo Kali, Emil menyerahkan sembako kepada para lansia. Kemudian menyusuri Bendungan Karangkates untuk melihat secara langsung tempat-tempat rawan dan penebaran benih ikan.

Seusai kunjungan di Bendungan Karangkates, rombongan Wagub Jatim melanjutkan perjalanannya ke Bendungan Selorejo Kabupaten Malang.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved