Berita Bangkalan Madura

Ratusan Orang Peduli Sampah di Dermaga Kamal, Madura: Satu Jam Terkumpul Sampah Segini

Pemungutan sampah wujud kepedulian Polres, Kodim 0829, Lanal Batuporon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Dinas Pendidikan dengan melibatkan siswa.

Ratusan Orang Peduli Sampah di Dermaga Kamal, Madura: Satu Jam Terkumpul Sampah Segini
SURYAOnline/ahmad faisol
TNI/Polri, Dinas Lingkungan Hidup, dan siswa memungut sampah di kawasan sekitar Dermaga Kamal, Bangkalan dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Kamis (21/2/2019). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Perhatian para pengguna jasa penyeberangan kapal di Dermaga Kamal, Bangkalan tertuju kepada ratusan orang memungut sampah di pesisir sekitar dermaga, Kamis (21/2/2019).

Dalam sekejap, sampah yang terkumpul mencapai 4.200 kilogram atau 4,2 ton. Ceceran sampah itu berserakan di sela-sela karang bahkan lengket di dinding pembatas pesisir.

"Belum sampai satu jam, sampah yang kami bersihkan mencapai 4 ton 20 kilogram," ungkap Kapolres Bangkalan AKBP Boby Paludin sambil membuka sarung tangannya.

Pemungutan sampah tersebut merupakan wujud kepedulian Polres, Kodim 0829, Lanal Batuporon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Dinas Pendidikan dengan melibatkan siswa SMP dan SMA/SMK di Kecamatan Kamal.

Boby menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya Mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020 sekaligus peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) setiap 21 Februari.

"Menggugah semua lapisan masyarakat agar peduli membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi pemakaian benda-benda yang sulit terurai," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, peduli terhadap sampah bisa dilakukan dengan cara membudayakan ide-ide kreatif dalam pengelolaan sampah.

"Sehingga sampah dikelola menjadi barang bernilai ekonomis, sehat, dan berharga," ujarnya.

Ia mengatakan, sengaja memilih lokasi Dermaga Kamal lantaran lingkungan pesisir dermaga sangat kotor.

"Sumber sampah tak hanya dari para pengguna jasa kapal. Tapi juga dari masyarakat setempat" pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved