Berita Surabaya

Khofifah Minta KPK Bantu Mewujudkan Jatim Bebas Korupsi

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke kantor KPK dan meminta KPK membantu mewujudkan Jawa Timur yang bebas korupsi.

Khofifah Minta KPK Bantu Mewujudkan Jatim Bebas Korupsi
ist
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak berkunjung ke KPK, Rabu (20/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak berkunjung ke KPK, Rabu (20/2/2019).

Hal itu dilakukan guna mewujudkan pemerintahan yang bersih selama ia menjabat lima tahun ke depan.

Dalam kunjungan itu ia menyampaikan keinginannya agar ke depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendampingi Jawa Timur, terutama di area rawan korupsi.

Pendampingan dari KPK dibutuhkan agar Pemprov Jatim beserta perangkat yang ada mampu menjabarkan setiap diskresi atau kebijakan yang masih tumpang tindih atau bertentangan.

Diharapkan, melalui pendampingan tersebut tidak terjadi penyalahgunaan korupsi di kemudian hari.

"Kedatangan kami ke Jakarta ingin mendapatkan panduan dari KPK, terkait langkah-langkah pencegahan terhadap area rawan korupsi," ujar Khofifah.

Tak hanya itu, diskresi dalam bentuk bantuan baik dari kementerian hingga peralihan kewenangan bantuan seperti SMA-SMK sering menjadi pemicu persoalan bagi bupati/walikota.

Oleh karena itu, arahan dan pendampingan KPK dijadikan catatan dan akan disampaikan kepada bupati/walikota.

“Kami ingin menginventaris permasalahan kategori mana yang bisa dikategorikan diskresi yang nanti akan disampaikan pada tanggal 28 Februari 2019. Dimana, KPK akan melakukan Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) di Jatim dengan mengundang seluruh gubernur, bupati dan walikota se Indonesia,” imbuhnya.

Khofifah menyatakan, kunjungannya ke KPK tersebut untuk memastikan dan mengkomunikasikan area-area rawan mana yang menjadi titik korupsi. Sehingga, setiap daerah bisa fokus memberikan pelayanan yang lebih transparan kepada masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved