Bupati Jember Minta Peluncuran Kampung Wisata Durian di Rengganis Cuma Seremonial

Bupati Jember, Faida menegaskan dirinya tidak ingin peluncuran kampung wisata durian di Rengganis cuma seremonial saja.

Bupati Jember Minta Peluncuran Kampung Wisata Durian di Rengganis Cuma Seremonial
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Bupati Jember, Faida bersama kepala Perhutani Jember, Rukman Supriatna 

SURYA.co.id | JEMBER - Bupati Jember, Faida menegaskan dirinya tidak ingin peluncuran kampung wisata durian di Desa Wisata Rengganis Desa Pakis Kecamatan Panti nantinya hanya sekadar seremonial.

Faida menegaskan hal itu kepada rombongan Perhutani KPH Jember yang memaparkan konsep pengembangan desa wisata itu kepada dirinya di Pendapa Wahyawibhagraha, Jember, Rabu (20/2/2019).

"Terimakasih atas paparannya, dan tentunya saya mendukung. Tetapi saya tidak ingin ini hanya menjadi sekadar seremonial, hanya peluncuran habis itu tidak ada apa-apa. Harus dikemas dari hulu sampai hilir, juga melibatkan peranan masyarakat," kata Bupati Faida.

Dia kemudian menanggapi paparan Kepala Perhutani KPH Jember Rukman Supriatna. Menurutnya, tiga prioritas yang akan dikembangkan di desa wisata itu jangan sampai saling mengalahkan.

"Jangan sampai satu kampung wisata unggul, namun kemudian menghilangkan potensi lain di desa itu. Setiap kampung harus memiliki produk unggulan. Jika nanti kampung wisata durian, yang mungkin ini sudah siap, harus bersinergi dengan Dinas Perdagangan. Kampung kopinya dengan Dinas Pertanian, sedangkan untuk air terjunnya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata. Dan karena ini masalah pengelolaan hutan, tentu tidak meninggalkan Dinas LH," imbuh Faida.

Karenanya, dia meminta Perhutani menyiapkan konsep dan pelaksanaannya secara matang. Faida kembali mengingatkan pengelolaan dari hulu ke hilir tersebut.

Ia menambahkan, dirinya sudah berkomunikasi dengan pihak jajaran direksi utama Perhutani di Jakarta untuk pengembangan kawasan hutan bersama masyarakat Jember.

"Hutan Perhutani harus memberikan manfaat yang maksimal bagi rakyat, terutama masyarakat sekitar hutan," tegasnya.

Dalam paparannya, Kepala Perhutani KPH Jember Rukman Supriatna memaparkan rencana pengembangan Desa Pakis Kecamatan Panti, melalui Desa Wisata Rengganis. Konsepnya, ada pengelolaan destinasi wisata air terjun Rengganis, kampung wisata durian, juga kampung wisata kopi.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved