Berita Surabaya

Selain SPP Gratis di SMA dan SMK, Khofifah Juga Bagi Seragam untuk Siswa Baru di Jatim

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bertekad tak hanya memberi SPP gratis untuk sekolah SMA dan SMK negeri. Tetapi juga seragam untuk siswa baru.

Selain SPP Gratis di SMA dan SMK, Khofifah Juga Bagi Seragam untuk Siswa Baru di Jatim
TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra Sakti
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bertekad tidak hanya memberikan fasilitas SPP gratis untuk sekolah SMA dan SMK negeri. Melainkan juga memberikan bantuan biaya untuk jenjang SMA dan SMK swasta.

Bahkan mulai tahun ajaran baru 2019/2020 mendatang, Gubernur Khofifah juga bakal memberikan seragam gratis bagi para siswa baru di SMA dan SMK baik negeri maupun swasta.

"Bagi siswa baru mulai Juli mendatang, SMA SMA negeri dan swasta akan dapat seragam gratis," kata Khofifah, Senin (18/2/2018).

Saat ini, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Khususnya terkait kecukupan anggaran untuk memberikan bantuan SPP sampai seragam.

"Sedang saya koordinasikan, apa memungkinkan setelah diserahkan, misalnya ada yang nggak butuh maka sekolah membentuk sister school, maka kami akan serahkan ke sekolah yang mereka sepakat untuk siste school itu," lanjutnya.

Termasuk terkait SPP gratis di SMA/SMK. Dikatakan Khofifah, khusus masalah ini, memang banyak yang menanyakan.

Ia menegaskan, SPP untuk SMA SMK negeri dipastikan gratis. Namun untuk SMA SMK swasta, menurut Khofifah tentunya antara negeri dan swasta memiliki indeks yang berbeda-beda.

Bergantung pada kemahalan di suatu daerah yang juga ditentukan oleh surat edaran yang dikeluarkan gubernur.

Maka Khofifah mengatakan untuk sekolah swasta bisa jadi bantuan SPP yang diberikan tidak penuh.

"Andai di Surabaya berdasarkan surat edaran SPP SMA SMK itu Rp 200 ribu, katakan ternyata bantuan SPP dari Pemprov Rp 150 ribu, maka sisanya akan masih menjadi tanggungan dari orang tua," tegasnya.

Khusus masalah ini, Khofifah akan mulai turun ke daerah untuk menggali kebutuhan dan juga pemetaan. Besok, Selasa (19/2/2019), Khofifah bakal melakukan kunjungan ke Baperwil di Kabupaten Pamekasan untuk mendapatkan data masalah pendidikan dan berkoordinasi dengan pejabat setempat. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved