Berita Banyuwangi

Pusat Prioritaskan Jalur Lintas Selatan Banyuwangi - Jember, Dibahas Bupati Anas dan Menteri BUMN

Pemerintah pusat akan memprioritaskan penyelesaian Jalur Lintas Selatan (JLS) menghubungkan antara Banyuwangi dan Jember.

Pusat Prioritaskan Jalur Lintas Selatan Banyuwangi - Jember, Dibahas Bupati Anas dan Menteri BUMN
surya.co.id/haorrahman
Menteri BUMN Rini Soemarno berkunjung ke Banyuwangi, untuk meresmikan pabrik cokelat, di Perkebunan Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Sabtu (16/2/2019). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pemerintah pusat akan memprioritaskan penyelesaian Jalur Lintas Selatan (JLS), yang menghubungkan antara Banyuwangi dan Jember, daripada jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya telah membahas hal tersebut bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

"Kami telah menyampaikan hal tersebut pada Ibu Menteri (Menteri BUMN), JLS Banyuwangi-Jember akan segera diselesaikan," kata Anas, Senin (18/2/2019). 

Rini telah berkunjung ke Banyuwangi, untuk meresmikan pabrik cokelat, di Perkebunan Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Sabtu (16/2/2019) lalu.

Dalam kunjungannya tersebut, Rini mendapat informasi dari Anas, JLS di sisi selatan Banyuwangi hanya kurang 12 kilometer untuk tersambung dengan Jember. Untuk itu Rini akan membahas penyelesaian JLS bersama Kementerian PUPR.

“JLS ini hanya tinggal 12 kilometer saja, sedangkan kalau tol Probowangi membutuhkan dua tahun lagi. Karena itu, nanti akan saya sampaikan ke Menteri PUPR agar JLS bisa nyambung ke Jember," kata Rini.

Rini mengaku dibutuhkan jalur alternatif Banyuwangi-Jember. Selama ini untuk menghubungkan dua daerah ini melalui Gumiitir dengan tekstur jalan yang berbukit.

"Saya sudah lewat Gumitir, jalannya memang macet. Kalau JLS ini bisa disambung ini akan lebih cepat dirasakan masyarakat," kata Rini.

JLS yang melintasi Kabupaten Banyuwangi masih kurang 12 kilometer yang belum terbangun dari total 106 kilometer hingga ke Jember. JLS ini nantinya akan melintasi Perkebunan Malangsari Kalibaru, Kendeng Lembu Glenmore, Genteng, Rogojampi, Srono, Singojuruh, Kabat, Banyuwangi, Giri, dan Kalipuro.

Terkait JLS, menurut Anas, jalan tersebut bakal mendorong pengembangan ekonomi wilayah selatan.

"Pemanfaatan jalur tersebut bisa menjadikan banyak kawasan sepanjang JLS sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru," tambah Anas.

Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved