Berita Surabaya

Lindungi Sungai Dari Popok, Pemprov Jatim Akan Pasang CCTV di Jembatan Karangpilang

Setelah mendapat instruksi dari Gubernur Jatima untuk memasang CCTV di Jembatan Karang Pilang, jajaran Pemprov langsung gerak cepat.

Lindungi Sungai Dari Popok, Pemprov Jatim Akan Pasang CCTV di Jembatan Karangpilang
surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menemukan popok dibuang ke Sungai Brantas dalam kegiatan Adopsi Sungai Brantas Stop Buang Sampah Popok di sungai, Minggu (17/2/2019) pagi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah mendapat instruksi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk memasang CCTV di Jembatan Karang Pilang, jajaran Pemprov langsung gerak cepat.

Hari ini, Senin (18/2/2019), tim dari Dinas Kominfo Jawa Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Jatim turun ke Jembatan Karang Pilang untuk melakukan survei lapangan sebelum memasang jaringan CCTV.

Sesuai arahan Khofifah, CCTV akan dipasang di Jembatan Karang Pilang untuk memantau masyarakat yang membuang popok sembarangan di sungai. Dengan begitu harapannya masyarakat akan mendapatkan sanksi sosial.

"Hari ini kami mengecek lapangan untuk pemasangan CCTV. Sementara, rencananya kami akan pasang lima CCTV. Lima unit itu akan bisa memantau sepanjang jembatan," kata Kepala Dinas Kominfo Jatim, Ardo Sahak.

Dari segi spesifikasi kamera, Ardo mengatakan kamera ini menggunakan ketelitian tinggi. Selain itu juga akan dilengkapi dengan alat pengeras suara.

Sehingga dari ruangan pemantau, jika ada pembuang sampah ke sungai akan langsung termonitor dan langsung ditegur saat itu juga.

"Harapannya dari konsep ibu Gubernur, nantinya akan ada perubahan kultur. Agar masyarakat nggak lagi naik sepeda motor lalu melempar sampah popok ke sungai das brantas," tegasnya.

Lebih lanjut pemasangan akan dilakukan segera usai survei hari ini. Termasuk setelah berkas perijinan pemasangan kamera CCTV ke Balai Besar Jalan Nasional juga beres.

"Doakan segera terpasang. Kami juga inginnya secepatnya," kata Ardo.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Diah Susilo mengatakan perizinan tengah dilakukan. Dan saat ini mulai disiapkan penyiapan server do kantor DLH untuk pemantauan CCTV.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved