Grahadi

Beranda Grahadi

Jatim Jadi Satu-satunya Provinsi yang Diizinkan Ada Bakorwil

Pendekatan tersebut menjadi penting untuk bisa mengukur keadilan akses dan layanan. Karena itu, penguatan Bakorwil dinilai sangat penting.

Jatim Jadi Satu-satunya Provinsi yang Diizinkan Ada Bakorwil
foto: humas pemprov jatim
FORPIMDA - Gubernur Khofifah bersalaman dengan para tamu Forpimda di ruang VVIP gedung DPRD Jatim, Senin (18/2/2019). 

PADA kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga menyampaikan bahwa Jatim menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang masih diizinkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk tetap ada dan memiliki Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil).

Tujuannya yakni untuk pendekatan pembangunan kewilayahan. Pendekatan tersebut menjadi penting untuk bisa mengukur keadilan akses dan layanan. Karena itu, penguatan Bakorwil dinilai sangat penting.

“Misalkan untuk mendekatkan layanan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dan IKM, mereka butuh izin ke POM lebih cepat dan terukur. Kalau ke Surabaya, misalkan dari Pacitan yang ujung, Jember ujung, Sumenep Kepulauan, menjadi jauh. Kita ingin itu didekatkan, maka Bakorwil menjadi penting,” jelas Khofifah.

Dikatakan, penguatan peran Bakorwil menjadi salah satu kunci utama yang diiringi dengan peningkatan interaksi antara pimpinan daerah di tingkat provinsi dengan di tingkat kabupaten/kota pada tatanan Bakorwil sebagai upaya penguatan sinergi intra-sub wilayah.

Sebelum penyampaian visi misi, Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab).

Proses sertijab dilakukan dengan penandatanganan yang dilakukan Dr H Soekarwo (Pakde Karwo) selaku Gubernur Jatim periode 2014-2019, Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jatim periode 2019-2024, dan Dirjen Otda Kemendagri Soemarsono yang disaksikan Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar.

Selanjutnya, Pakde Karwo menyerahkan memori jabatan kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa. (rif/fai)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved