Begini Harapan Para Bupati di Jatim Terhadap Gubernur Khofifah

Para kepala daerah di Jatim siap menyukseskan kepemimpinan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa & Emil Elestianto Dardak. Ini harapan mereka

Begini Harapan Para Bupati di Jatim Terhadap Gubernur Khofifah
surya/fatimatuz zahro
Prosesi Sertijab Gubernur Jatim 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak di DPRD Jatim, Senin (18/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para kepala daerah di Jawa Timur siap menyukseskan kepemimpinan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Sejumlah aspirasi pun disampaikan untuk menunjang kepemimpinan di masing-masing daerah.

Di antaranya Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Menurutnya Thoriq, pemerintah provinsi kedepan dapat memberikan intervensi terhadap pemerintah daerah dalam melakukan fungsi koordinasi.

Sehingga, pemerintah daerah akan saling menopang keunggulan sekaligus menutup kelemahan masing-masing daerah.

"Kami berharap seluruh elemen di Kabupaten dapat diintervensi oleh pemerintah provinsi. Sehingga, keunggulan daerah kami bukan sekadar unggul. Namun, memiliki nilai tambah," kata Thoriq ketika ditemui di Surabaya, Senin (18/2/2019).

Menurutnya, selama ini banyak daerah lain yang hanya membanggakan keunggulan masing-masing daerah. Namun, hal itu tidak ditopang dengan peningkatan nilai barang.

"Sehingga tidak memiliki nilai tambah. Seharusnya, produk pertanian bisa memiliki packaging dengan baik, pasar disediakan, hingga akses juga disiapkan. Nantinya, akan semakin memberikan peningkatan," katanya.

"Orang-orang yang menanam kentang atau alpukat, kalau tidak difasilitasi maka tidak akan bisa memberikan nilai tambah. Namun, perlu adanya fasilitasi," kata politisi PKB ini.

Pihaknya juga berharap adanya sektor pariwisata yang juga berjejaring. "Seharusnya, kegiatan di antar daerah bisa dikoneksikan. Sehingga, wisatawan tinggal memilih mana yang mereka inginkan," usulnya.

"Misalnya, pagelaran budaya dari Pacitan hingga Banyuwangi kalau terkonsolidasi tidak bersamaan, maka orang tinggal berjejaring. Masing-masing daerah punya keunggulan, tinggal menghubungkan. Di Lumajang, ada night carnival, di Jember, ada fashion carnival. Itu bagus kalau dikoneksikan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved