Berita Surabaya

Cara Gubernur Khofifah Awasi Para Pembuang Popok di Sungai Brantas

Khofifah turun menyusur sungai dalam kegiatan Adopsi Sungai Brantas Stop Buang Sampah Popok di sungai, Minggu (17/2/2019) pagi.

Cara Gubernur Khofifah Awasi Para Pembuang Popok di Sungai Brantas
surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menemukan popok dibuang ke Sungai Brantas dalam kegiatan Adopsi Sungai Brantas Stop Buang Sampah Popok di sungai, Minggu (17/2/2019) pagi. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa segera memasang CCTV di Jembatan Karangpilang.

Hal ini dilakukan setelah ditemukan banyak sampah popok di sepanjang daerah aliran Sungai Brantas.

Khofifah turun menyusur sungai dalam kegiatan Adopsi Sungai Brantas Stop Buang Sampah Popok di sungai, Minggu (17/2/2019) pagi.

Gubernur Khofifah turun langsung menyusuri sungai dan menjaring sampah popok dan sampah plastik yang dibuang di sepanjang aliran sungai. 

"Wah abot lho ini. Ini popok yang sudah lama terendam air," kata Khofifah sembari menjaring sampah popok yang ditemukan di aliran sungai Brantas. 

Berjasama jajaran dari Pemprov Jawa Timur dan juga Jasa Tirta, Gubernur Khofifah menyusur sungai mulai dari Gunung Sari hingga Karangpilang.

Sampah paling banyak justru di kawasan Karangpilang. Bahkan di bawah jembatan tol juga terdapat pulau sampah serta kresek-kresek berisi sampah popok mengambang di aliran sungai. 

"Maka kita akan memasang CCTV di Jembatan Karang Pilang. Tujuannya untuk edukasi sosial bagi masyarakat supaya tidak terus membuang popok ke sungai," kata Gubernur Khofifah

Menurutnya langkah ini akan efektif sebelum memberikan punishmen ke masyarakat.  Secara reguler, misalnya mingguan,  rekaman CCTV itu akan di-share ke media massa dan juga media sosial sebagai edukasi sosial ke pembuang sampah popok. 

Punishmen sosial itu diyakini bakal membawa dampak positif agar masyarakat tak lagi membuang sampah popok di sungai.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved