Citizen Reporter

Mengolah Bonggol Pohon Pisang Menjadi Nugget Bernilai Jual

Bonggol pisang, salah satu bagian tanaman pisang yang jarang dimanfaatkan. Padahal, bisa diolah menjadi nugget. Bagaimana caranya?

Mengolah Bonggol Pohon Pisang Menjadi Nugget Bernilai Jual
ist/citizen reporter
Nugget dari bonggol pisang. 

SURYA.co.id | Pisang adalah salah satu jenis tanaman yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. 

Walau begitu, masih ada bagian tanaman pisang yang masih belum banyak diketahui orang bahwa bagian itu dapat diolah dan dikonsumsi. 

Inovasi baru tampaknya tak luput dari perhatian dan ide kreatif dari mahasiswa kelompok 54 KKN Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Desa Soket Laok, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan. Mereka didampingi Rahmawati, dosen pembimbing.

Mereka memanfaatkan bonggol pisang yang diubah menjadi nugget lezat dan bergizi. Alasan utama memilih bonggol pisang adalah karena sebagian besar masyarakat belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan dan mengolah bonggol pisang.

Penyuluhan pembuatan olahan pangan dari bonggol pisang menjadi nugget dilakukan di rumah Imron, kepala desa, Minggu (20/1/2019). Kegiatan itu diikuti masyarakat dan seluruh perangkat Desa Soket Laok.

Pohon pisang yang sudah berbuah dan tumbang kerap dibiarkan begitu saja. Kegiatan itu diharapkan mampu menambah ilmu pengetahuan baru bagi masyarakat, bagian di antara akar dan batang pohon yang biasa disebut bonggol dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi nugget.

Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Ajak Warga Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Teh

Proses pembuatannya cukup mudah. Bonggol pisang dibersihkan dan diiris kecil-kecil, kemudian direbus dengan air garam guna menghilangkan getahnya selama 30 menit, dan diblender sampai halus.

Tambahkan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Tepung terigu dan telur dimasukkan serta diaduk hingga merata.

Kukus adonan selama 30 menit. Setelah adonan matang kemudian diiris dan dilumuri dengan tepung panir, goreng hingga berwarna kuning keemasan dan nugget bonggol pisang siap disajikan.

Rasa dan tekstur nugget bonggol pisang hampir menyerupai nugget ayam. Inovasi olahan pangan itu diharapkan memberikan peluang masyarakat untuk memasarkan produk karena sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai pedagang kaki lima.

Harga jualnya sangat terjangkau, hanya dengan Rp 500 saja sudah bisa menikmati sensasi nugget bonggol pisang. Proses uji coba lab dilakukan kelompok KKN 54 UTM guna mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam bonggol pisang dan menjamin keamanan produk ini hingga menjadi layak konsumsi dan produksi.

Penulis : Nahdliyatul Mahmudah, Anggota Kelompok KKN 54  Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved