Citizen Reporter

Mendongkrak Literasi di Sekolah Lewat Diklat Kepala Perpustakaan

Tim Perpustakaan Universitas Negeri Malang menggelar Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah 5 untuk mendongkrak tradisi literasi.

Mendongkrak Literasi di Sekolah Lewat Diklat Kepala Perpustakaan
citizen reporter/ Laili Rusmawaty
Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah 5 yang diadakan oleh tim Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) di SMKN 3 Malang dan UM. 

SURYA.co.id | Gerakan literasi terus didengungkan. Salah satu kegiatan yang mendukung gerakan itu adalah Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah 5 yang diadakan oleh tim Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) di SMKN 3 Malang dan UM.

Kegiatan yang berlangsung Kamis-Sabtu (10-13/1/2019) dan Minggu (20/1/2019) diikuti 62 peserta. Kegiatan itu bertujuan agar sekolah-sekolah dapat memajukan perpustakaannya menjadi lokasi yang menyenangkan dan sumber belajar bagi warganya.

Diklat ini dibuka oleh Djoko Saryono, Guru Besar Fakultas Sastra UM sekaligus Kepala Perpustakaan UM.

Djoko mengatakan, perpustakaan sekolah merupakan tempat strategis untuk mengembangkan budaya literasi di sekolah.

Djoko dan timnya yaitu AA Kosasih, Darmono, Setiawan, Nining Nugrahini, Ali Mas’ud, dan Moh Syafii, membimbing peserta dengan telaten.

Hari pertama, para peserta dikenalkan cara mengembangkan minat baca dan mengaktifkan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar serta manajemen strategis pengembangannya.

Di sesi ini disebutkan, penulisan karya ilmiah bidang perpustakaan juga patut digalakkan di dalam dunia pendidikan.

Hari berikutnya diisi dengan materi manajemen pengembangan koleksi, layanan, jasa informasi, dan organisasi informasi berupa klasifikasi bahan pustaka dan tajuk subjek.

Setelah itu peserta dibimbing melakukan analisis kebutuhan penggunaan Teknologi Informasi (TI). Peserta dapat praktik langsung penggunaan Program Slim untuk menuju perpustakaan berbasis TI seperti memasukkan daftar anggota, membuat kartu anggota, katalogisasi berbasis TI dan lain-lain.

Selanjutnya, Minggu (13/1/2019), peserta melakukan studi banding ke perpustakaan UM. Mereka dapat mengamati ruang-ruang perpustakaan dan kegiatannya.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved