Rumah Politik Jatim

Hayono Isman: Pendidikan Karakter Penting agar Persekusi Murid ke Guru Tak Terulang

Peristiwa murid menantang gurunya di Gresik, Jawa Timur, banyak menuai kecaman dari masyarakat, termasuk politisi Hayono Isman.

Hayono Isman: Pendidikan Karakter Penting agar Persekusi Murid ke Guru Tak Terulang
foto: istimewa
Hayono Isman, Politisi Senior yang juga sebagai Calon Anggota DPR RI dapil Jatim I dari Partai NasDem. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Peristiwa murid menantang gurunya di Gresik, Jawa Timur, banyak menuai kecaman dari masyarakat, baik kalangan sipil, akademisi hingga politisi. Hal ini juga membuat Hayono Isman turut prihatin atas kejadian tersebut.

Menurut Hayono hal itu menjadi tanggung jawab bersama, terlebih bagi para pendidik di lingkungan sekolah. Hayano mengatakan, tugas sekolah bukan hanya mencetak siswa yang memiliki kemampuan akademik. Akan tetapi juga mampu mencetak siswa yang berakhlakul karimah.

"Peran sekolah yang selama ini diharapkan jadi lembaga pencetak moral harus dimaksimalkan dalam membentuk karakter anak. Pendidikan karakter harus ditingkatkan di dalam dunia pendidikan," ujar Hayono, di Surabaya, Selasa (12/02/2019).

Hayono menambahkan, siswa sangat penting memiliki kepribadian baik atau akhlakul karimah. Dirinya berharap agar anak didik yang menjadi harapan masa depan memiliki akhlak mulia.

Putra pejuang kemerdekan, Mas Isman itu juga mengingatkan, bahwa kedua orang tua menjadi komponen yang patut diperhitungkan dalam membentuk karakter seorang anak.

"Pendidikan karakter dapat kita maknai sebagai dasar yang membangun kepribadian siswa, terbentuk baik atau pun tidak bergantung pada pengaruh lingkungan di sekitarnya," ucapnya.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved