Berita Sidoarjo

BBKSDA Jatim akan Lepas Liar Burung Eksotis Hasil Tangkapan Ditpolair Polda Jatim ke Papua

BBKSDA Jatim dalam waktu dekat akan melepasliarkan satwa liar berupa burung eksotis hasil tangkapan Ditpolair Polda Jatim.

BBKSDA Jatim akan Lepas Liar Burung Eksotis Hasil Tangkapan Ditpolair Polda Jatim ke Papua
tribunjatim.com/kukuh kurniawan
Suasana ruang penyimpanan burung BBKSDA Jatim hasil tangkapan Ditpolair Polda Jatim. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim dalam waktu dekat akan melepasliarkan satwa liar berupa burung eksotis hasil tangkapan Ditpolair Polda Jatim.

Staff Perencanaan, Perlindungan, dan Pengawetan BBKSDA Jatim, Sarjono, menjelaskan akhir Februari ini atau awal bulan depan akan melepasliarkan puluhan burung eksotis tersebut.

"Akan kami bawa kembali ke alam Papua, karena memang satwa tersebut habitatnya berasal dari sana," terangnya kepada TribunJatim.com (grup surya.co.id), Selasa (12/02/2019).

Namun sebelum dilepasliarkan, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan. Sarjono mengungkapkan satwa tersebut harus dicek kondisi kesehatannya dan menjalani rehabilitasi di Balai Konservasi di wilayah Papua.

"Diharapkan nantinya, burung eksotis tersebut sudah siap dilepasliarkan secara fisik dan mental. Jadi tidak tiba tiba langsung dilepas gitu saja," tambahnya.

Ia juga mengatakan kondisi 81 satwa burung barang bukti tersebut sekarang sudah aman dan sehat setelah dirawat oleh anggota BBKSDA Jatim.

"Padahal saat penangkapan itu, bisa dibilang kondisi burung sangat memprihatinkan," pungkasnya.

Laporan wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan.

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved