Berita Madiun

Pemkot Madiun Sediakan 3 Bus Sekolah Gratis Setiap Hari, Begini Reaksi Siswa

Dishub Kota Madiun telah menyediakan layanan Bus Sekolah atau Angkutan Sekolah Gratis (ASG)

Pemkot Madiun Sediakan 3 Bus Sekolah Gratis Setiap Hari, Begini Reaksi Siswa
surya/rahadian bagus
Bus Sekolah milik Pemkot Madiun menjemput siswa di SMPN 2 Kota Madiun 

SURYA.co.id | MADIUN - Sejak 1 Februari 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun telah menyediakan layanan Bus Sekolah atau Angkutan Sekolah Gratis (ASG). Untuk tahap awal, ada tiga armada Bus Sekolah yang dioperasikan sebagai ASG.

Bus Sekolah berwarna kuning cerah ini memiliki kapasitas 45 penumpang, dengan rincian 35 penumpang duduk dan 10 penumpang berdiri. Namun, dalam tahap uji coba, setiap Bus Sekolah hanya diisi 30 siswa saja.

"Kami batasi kelayakannya, 30 tempat duduk terlebih dahulu. Kasihan anak-anak kalau berdesak-desakan, harus berdiri," kata Kepala Dishub Kota Madiun, Ansar Rasidi, saat dikonfirmasi, Senin (11/2/2019) siang.

Dia mengatakan, tujuan dari program ini adalah menyediakan transportasi sekolah bagi pelajar di Kota Madiun yang aman, nyaman dan gratis.

Dengan demikian, tidak ada lagi pelajar yang belum cukup umur untuk memiliki SIM, membawa kendaraan bermotor ke sekolah.

"Tujuannya, menyediakan transportasi yang aman, bagi pelajar yang belum cukup umur untuk membawa kendaraan bermotor," katanya.

Ia menuturkan, setiap hari efektif sekolah, tiga armada milik Dishub Kota Madiun ini akan menjemput para pelajar pukul 05.45 dan pulang sekolah, sekitar pukul 01.00.

Seorang siswa SMPN 1 Kota Madiun, Ferista Andini (15), mengaku senang dengan adanya fasilitas ini.

Sebab, ia bisa menghemat uang, yang selama ini digunakan untuk bayar ojek.

"Sebelum pakai bus, pakai ojek online Rp 4.000 sekali jalan. Kalau sekarang naik bus, lebih nyaman," kata pelajar yang tinggal di Jalan Ciliwung, Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun ini.

Senada juga dikatakan teman sekelasnya, Yehuda Surya. Pelajar yang duduk di bangku kelas IX ini mengaku senang, kini ia bisa berangkat dan pulang sekolah dengan bus gratis.

"Sangat membantu sekali. Busnya bersih, nyaman, bisa hemat juga," tandas Surya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved