DPRD Surabaya

DPRD Perjuangkan Korban Kebakaran, Bantuan Masing-masing Rp 33 Juta Tak Cukup untuk Bangun Rumah

Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji menunjukkan rasa empatinya kepada para korban musibah kebakaran di Kapasan Dalam, Kecamatan Simokerto.

DPRD Perjuangkan Korban Kebakaran, Bantuan Masing-masing Rp 33 Juta Tak Cukup untuk Bangun Rumah
surya.co.id/nuraini faiq
KORBAN - Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mengecek kondisi belasan rumah korban kebakaran di Kampung Kapasan Dalam, Kelurahan Kapasan, Kecamatan Simokerto, Surabaya, Senin (11/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji menunjukkan rasa empatinya kepada para korban musibah kebakaran di Kapasan Dalam, Kelurahan Kapasan, Kecamatan Simokerto.

Ada 17 rumah yang ludes dilalap si jago merah pada peristiwa kebakaran akhir tahun 2018 lalu.

Ketua DPRD itu pun, Senin (11/2/2019), mendatangi dan menemui para korban yang saat ini mengungsi. Ada yang tinggal sementara di rumah tetangga. Ada pula yang tinggal di rumah saudara, dan ada yang terpaksa menyewa rumah.

Saat tiba di lokasi, sejumlah warga menyambut kedatangan Armuji. "Tolong kami sudah tak punya apa-apa lagi. Baju saja tidak punya dan ikut ludes. Kami ingin bisa menempati rumah kembali," kata Eniwati (52), salah satu korban kebakaran di Kampung Kapasan Dalam.

Kebakaran melanda kampung yang terletak tidak jauh dari Kelenteng Kapasan itu pada 8 Desember 2018 lalu. Di belakang rumah peribadatan itu, belasan rumah hangus terbakar. Api melalap habis rumah mereka mulai sekitar pukul 20.00 WIB.

Kebakaran itu melalap 17 rumah, 10 di antaranya ludes terbakar. Saat ini sudah diupayakan bantuan pembangunan kembali rumah para korban.

"Kami bersyukur dapat santunan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya setelah kejadian. Katanya, kami akan dibantu dana (masing-masing) Rp 33 juta untuk membangun kembali rumah yang hangus. Namun jumlah ini mungkin hanya akan berupa pondasi rumah," ucap Eniwati, warga RT 02/RW 08 Kapasan Dalam. 

Korban kebakaran itu tidak tahu kalau setiap korban berhak atas bantuan rehab kembali rumah dari Pemkot. Eniwati baru tahu setelah Ketua DPRD Armuji atau Cak Ji mendatangi lokasi kebakaran.

Politisi PDIP ini didampingi Ketua RW 08 Kapasan Dalam, Djaja Soetjianto, dan beberapa staf kelurahan.

Selain pihak kelurahan, juga hadir ikut memberi dukungan moral Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya diwakili Liem Ou Yen. DPRD, pihak kelurahan, dan paguyuban ini mendatangi lokasi kebakaran. Mereka mengamati 10 rumah yang sudah ludes terbakar.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved