Berita Surabaya

Satu Tahun Bakti RS Terapung Ksatria Airlangga, Tak Hanya Layani Kesehatan di Kepulauan

Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga telah memasuki satu tahun masa baktinya

Satu Tahun Bakti RS Terapung Ksatria Airlangga, Tak Hanya Layani Kesehatan di Kepulauan
surya.co.id/sulvi sofiana
Pemberian penghargaan pada relawan dan manajemen RS Terapung dalam Refleksi dan Evaluasi Satu Tahun Bakti RS Terapung Ksatria Airlangga di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Sabtu (9/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga telah memasuki satu tahun masa baktinya untuk memberikan pelayanan di kepulauan.

Setidaknya 22 pulau telah diberikan layanan kesehatan secara gratis.

Ketua IKA Fakultas Kedokteran, Unair dr Pudjo Hartono SpOG mengungkapkan dalam perjalanan memberikan pelayanna di tiap pulau, terdapat berbagai permasalahan yang komplek.

Tak hanya dalam segi kesehatan, tetapi juga sosial ekonomi.

"Selama setahun, seiring berjalannya waktu kapal ini juga tak hanya memfasilitasi kesehatan, banyak aspek di kepulauan yang dibutuhkan juga,"ungkapnya dalam Refleksi dan Evaluasi Satu Tahun Bakti RS Terapung Ksatria Airlangga di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Sabtu (9/2/2019).

Ia mengungkapkan kondisi masyarakat dan pelayanan kesehatan yang masih kurang membuat relawan RS Terapung yang berasal dari berbagai keahlian ikut membantu kondisi masyarakat.

Mulai dari survei,penyuluhan hingga pemberdayaan ekonomi.

Bahkan menurutnya, hal ini bisa sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat tiap jurusan di Unair nantinya.

"Di Bawean misalnya, kami bisa mengoperasikan rumah sakit yang tadinya kosong, di Nusa Penida kami mendorong rumah sakit untuk bisa segera operasionalnya dengan membantu manajerialnya hingga ke Kemenkes," lanjutnya.

Ia mengungkap selama setahun memberikan pelayanan pada 11.482, kendala paling besar dalam RS Terapung yaitu pada biaya dan mengatur tenaga.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved