Rumah Politik Jatim

Hayono Isman : Generasi Muda Harus Terampil untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Caleg DPR RI Dapil Jatim I, Hayono Isman mengungkapkan, era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan sekaligus peluang, khususnya bagi generasi muda.

Hayono Isman : Generasi Muda Harus Terampil untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0
ISTIMEWA
Hayono Isman menyarankan supaya generasi muda terampil dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Caleg DPR RI Dapil Jatim I, Hayono Isman mengungkapkan, era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan sekaligus peluang, khususnya bagi generasi muda Indonesia.

Hayono berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan terampil dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Salah satunya dengan melatih keterampilan anak-anak muda serta menguatkan mentalnya untuk berani bersaing.

"Generasi milenial atau kaum muda Indonesia harus mengambil suatu kesempatan yang bersifat monumental, di mana era digital ini tidak bisa tidak kaum muda ini harus siap dalam menghadapi era digital dan sekligus menyongsong bonus demografi," kata Hayono, di Surabaya. Sabtu, (09/02/2019).

Pertamina Turunkan Harga BBM hingga Rp 800 Per Liter Berlaku Mulai Minggu 10 Februari 2019 Dini Hari

Pertamina Turunkan Harga BBM 2 Kali Dalam Sebulan, Ada Kaitan Pilpres 2019?

Mantan Menpora era Kabinet Pembangunan VI itu menjelaskan, dengan masuknya era digital Indonesia berpotensi menjadi negara ekonomi maju ke-7 di dunia pada 2030 mendatang. Syarat utamanya Indonesia harus bisa mencetak generasi yang terampil dan mampu berinovasi.

Menurutnya, pemerintah harus melakukan langkah untuk memberikan akses yang seluas-luasnya pada pencari kerja. Dengan begitu, generasi muda bisa masuk ke pasar kerja dan berwirausaha.

"Karena apabila tidak, maka komponen muda menjadi sangat besar di tahun 2030 ke atas itu akan menjadi beban negara karena tidak produktif dan tidak mampu menyesuaikan mengantisipasi era digital itu," jelas Hayono.

"Namun, dari sisi positifnya yang harus kita cermati adalah pemerintah telah menyusun suatu kebijakan yang mengantisipasi hal ini," sambungnya.

Puluhan Santri di Madiun Keracunan Soto dan Melon Saat Makan Malam , Begini Kondisinya Sekarang

Banyak SMK Tak Laku, Dindik Jatim Dorong Pengelola Sekolah Sosialisasikan Jurusan kepada Masyarakat

Selain itu, Hayono juga menambahkan, sektor pendidikan menjadi tumpuan utama untuk menyiapkan generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Hayono berharap sumber daya manusia Indonesia kedepan mampu menguasai teknologi agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri.

"Sehingga dengan kompetensi anak-anak muda itu, nantinya akan menempatkan Indonesia sebagai negara yang masuk pada kategori negara yang berpendapatan menengah ke atas," pungkas Hayono.

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved