Berita Banyuwangi

Banyuwangi dan BRI Kolaborasi Garap Start Up Pertanian Banyuwangi

Sejumlah potensi pertanian Banyuwangi, seperti kopi, cokelat, dan buah naga akan digarap dengan melibatkan anak muda

Banyuwangi dan BRI Kolaborasi Garap Start Up Pertanian Banyuwangi
surya.co.id/istimewa
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, Suprajarto 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, Suprajarto, menggelar pertemuan untuk mendetilkan langkah teknis dalam memacu bisnis rintisan (startup) berbasis pertanian di kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Sejumlah potensi pertanian Banyuwangi, seperti kopi, cokelat, dan buah naga akan digarap dengan melibatkan anak muda Banyuwangi.

“Tiap tahun Banyuwangi menggelar kompetisi startup pertanian. Tahun lalu diikuti 300 anak muda. Nah tahun ini bisnis olahan pertanian untuk anak-anak muda kita pacu termasuk ke santri. Alhamdulillah BRI mendukung, sebagai BUMN dia benar-benar hadir untuk negeri. Ini upaya bareng untuk bikin pertanian diminati anak-anak muda,” ujar Anas, usai bertemu Suprajarto di Banyuwangi, Jumat (8/2/2019).

Anas mengatakan, pada pekan ketiga Februari 2019 nanti, program pertama kolaborasi dengan BRI akan dimulai dengan menggeber pendidikan bisnis kopi, termasuk ke sejumlah pesantren. Akan ada mentoring bisnis kopi dari hulu sampai hilir.

“Kan banyak pesantren yang lokasinya tak jauh dari perkebunan kopi. Nah itu bisa disentuh. Tapi biar profitable kan perlu dididik, perlu sentuhan. BRI ikut bantu di situ,” jelas Anas.

Anas menambahkan, skema kolaborasi ini menguntungkan karena bisa langsung mendapat pembiayaan dari BRI.

“Setelah dididik, didampingi, bisa feasible nanti untuk dibiayai BRI. Kita harap ini menumbuhkan banyak pengusaha muda baru, sejalan dengan program Presiden Jokowi yang mendorong kiprah anak muda menggerakkan perekonomian, termasuk santri-santri,” papar Anas.

Dirut BRI Suprajarto mengatakan, potensi sektor pertanian Banyuwangi terbilang bagus.

BRI ingin terlibat jauh dalam mengembangkan sektor agribisnis Banyuwangi.

“BRI ditugaskan Presiden Jokowi untuk mengembangkan sektor pertanian. Di Banyuwangi kami lihat potensinya besar, jadi kami ingin menumbuhkannya dengan melibatkan generasi muda,” kata Suprajarto.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved