Rumah Politik Jatim

Pasang Ditempat Terlarang, Bawaslu Gresik Tertibkan 1.730 APK Kampanye

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik telah menertibkan ribuan alat peraga kampanye (AKP) selama lima bulan masa kampanye

Pasang Ditempat Terlarang, Bawaslu Gresik Tertibkan 1.730 APK Kampanye
surya/sugiyono
Petugas panwaslu Kecamatan Gresik menertibkan AKP yang melanggar, Kamis (7/2/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik telah menertibkan ribuan alat peraga kampanye (AKP) selama lima bulan masa kampanye. Penertiban itu dikarenakan telah dinilai melanggar aturan.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Gresik Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Syafiq Jamhari, mengatakan ribuan APK ditertibkan selama masa kampanye sampai Januari 2019.

"Kalau sejak awal kampanye 23 September 2018-16 Januari 2019 ada 1.730 APK yang melanggar," kata Syafiq, Kamis (7/2/2019).

Beberapa pelanggaran yang terjadi terjadi pada relawan tim sukses dan tim kampanye dalam pemasangan APK yaitu dilakukan diikat di tiang listrik, diikat di tiang penerangan jalan umum (PJU) diikat di tiang telpon dan dipaku di pohon tanaman penghijauan kota dan pemukiman.

Terkait pelanggaran ini, Syafiq menilai tidak ada komunikasi antara tim kampanye paslon dengan tim sukses dan relawan.

Penertiban APK dilakukan jajaran Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Gresik secara serentak.

"Kami ajak pengawas tingkat desa dan kelurahan bersama Satpol PP untuk menertibkan APK yang melanggar," tandas Ali Sugiarto, Panwaslu Kecamatan Gresik.

Penulis: Sugiyono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved