Lapor Cak

Klinik FTA Panduan Produk UMKM agar Tembus Pasar Ekspor, Pertemukan UMKM dengan Pembeli Luar Negeri

klinik Free Trade Agreement (FTA) Surabaya khusus memandu pelaku UMKM agar produk mereka laku di pasar global.

Klinik FTA Panduan Produk UMKM agar Tembus Pasar Ekspor, Pertemukan UMKM dengan Pembeli Luar Negeri
surya.co.id/nuraini faiq
Sejumlah pengunjung dan petugas saat diskusi ringan di kantor Klinik Free Trade Agreement Center (FTA) Surabaya di Gedung Dekranasda Jatim, Jl Kedungdoro Surabaya, Rabu (6/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Layanan dan kemudahan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar produk mereka menembus pasar ekspor telah dibuka.

klinik Free Trade Agreement (FTA) Surabaya khusus memandu pelaku UMKM agar produk mereka laku di pasar global.

Tidak hanya dipandu dan dibimbing agar produk mereka laik ekspor, namun mereka juga ditemukan pembeli asing melalui atase negara Indonesia. Pelaku UMKM itu akan menjadi mitra perwakilan dagang di setiap negara di seluruh dunia. 

Para pelaku UMKM di manapun di seluruh Surabaya dan Jatim kini akan dengan mudah menjadi pelaku ekspor produk mereka sendiri.

Kemudahan itu akan dirasakan saat mereka datang ke Klinik FTA di Gedung Dekranasda Jl Kedungdoro Surabaya. 

Namun, layanan untuk memandu dan membimbing pelaku UMKM bisa menembus pasar internasional itu belum banyak yang tahu. Dalam setiap hari belum tentu ada pelaku UMKM yang datang ke klinik yang memilki visi bagus dalam mengembangkan UMKM tersebut. 

 "Kadang ada yang datang kadang tidak. Namun keberadaan klinik FTA ini diyakini memberi manfaat bagi pelaku ekonomi kerakyatan agar produk mereka laik ekspor," kata Fernanda Reza, staf Ahli Bidang Pemasaran Kantor Klinik FTA Surabaya, Rabu (6/12/2019).

Kantor Klinik FTA Surabaya tersebut berlokasi di Gedung Dekranasda Jatim Jl Kedungdoro Surabaya. Keberadaan kantor itu sudah ada sejak sekitar 2018. Namun belum semua mengetahui kantor layanan itersebut.

Klinik FTA  yang keberadaannya memberi manfaat bagi pelaku UMKM itu ternyata belum banyak yang berminat memanfaaatkan layanan. Sebagian besar mereka enggan karena memang tidak tahu keberadaan kantor tersebut.

Reza menuturkan bahwa produk UMKM akan menembus market internasional jika produk mereka sesuai mutu dan standar internasioal. Perak pasar internasional. Para pelaku ekonomi kerakyatan tersebut akan dipandu di klinik FTA Surabaya Center Surabaya.

Halaman
123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved