Berita Kota Batu

Tujuh Sumber Air di Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jadi Buruan Wisatawan

Ada tujuh sumber air di Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang banyak dicari-cari oleh wisatawan. Apa saja?

Tujuh Sumber Air di Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jadi Buruan Wisatawan
surabaya.tribunnews.com/sany eka putri
Sumber air Binangun di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 

SURYA.co.id | KOTA BATU - Ada tujuh sumber air di Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang banyak dicari-cari oleh wisatawan.

Tujuh sumber air itu adalah Rewoh Teletubbies, Sumber Air Dadang, Sumber Air Gedeh, Binagun, Paisah, Cinde, Brugan, dan Tlogo.

Nimas Adelia wisatawan asal Kabupaten Malang mengatakan sumber air yang ada di Kota Batu itu memiliki daya tarik tersendiri. Karena masih belum banyak terjamah banyak orang.

"Biasanya kalau ke sana, cari referensi dulu di internet. Ini sumber air seperti apa sih, terus boleh gak ke sana. Dan yang paling penting tidak sekadar datang, foto-foto. Tapi juga cari sejarahnya," kata dia, Minggu (5/2).

Tidak hanya itu, mengunjungi tempat wisata sumber air itu juga secara tidak langsung mengajarkan bagaimana untuk lebih bisa mencintai lingkungan. Menurutnya sumber air memang bukan tempat wisata untuk kebanyakan orang.

"Hanya saja penasaran seperti apa sih sumber air itu. Jadi lebih edukatif," imbuhnya.

Sumber air yang dijadikan tempat wisata oleh wisatawan ini tidak dipermasalahkan oleh pecinta lingkungan.

Herman Aga salah satu anggota tim peduli lingkungan Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) Batu mengatakan selama wisata yang disajikan adalah wisata Ecotourism dan Edutorism.

"Tidak apa-apa, asalkan selama bukan wisata artificial yang sekarang menjamur dan tidak ramah lingkungan. Semisal spot selfie yang sengaja dibuat," kata Herman.

Menurutnya tidak perlu menambahkan bangunan sarana dan prasarana yang menghilangkan keaslian dan keasrian sumber air itu. Apalagi dibangun bangunan yang menggunakan beton. Cukup biarkan seperti semula dan apa adanya.

Ia juga menegaskan wisatawan yang menjadikan sumber air sebagai wisata alam harus memiliki tingkat kesadaran dan kepedulian yang lebih tinggi.

"Jangan sampai merusak ekosistem di sumber air itu. Karena saya yakin mengunjungi sumber air tujuannya pasti ingin menikmati kejernihan air yang bersih," ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Mad Berlin Pegiat Saber Pungli. Ia menyatakan adanya sumber air dibumiaji dengan aliran sungai yang bagus sebagai jujukan masyarakat, membuktikan keterlibatan langsung dalam pelestarian lingkungan. Menurutnya sumber air sebagai ruang terbuka, sehingga alangkah baiknya jika dijadikan wisata edukasi.

"Setiap minggu kami selalu mengadakan bersih-bersih. Titik lokasinya bisa berubah-ubah, kadang di sumber air, di sungai. Dalam acara itu kami mengajak masyarakat, sekaligus memberikan edukasi tentang menjaga lingkungan," ungkapnya.

Sumber air ini kondisinya memang masih alami, tidak ada bangunan beton kecuali sudah alami dari dulu.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved