Berita Tuban

Shionya Tidak Hoki di Imlek Tahun Ini, Warga Tionghoa Tuban Gelar Ritual Ciswak

warga Tionghoa Tuban yang shionya diramalkan kurang beruntung atau tidak hoki pada Imlek kali ini melakukan ritual ciswak

Shionya Tidak Hoki di Imlek Tahun Ini, Warga Tionghoa Tuban Gelar Ritual Ciswak
surya/m sudarsono
Warga Tionghoa Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban melepas burung pipit sebagai ritual ciswak atau buang sial lantaran shio mereka diramalkan kurang beruntung di Imlek Tahun Babi Tanah kali ini. 

SURYA.co.id | TUBAN - Salah satu tradisi perayaan Imlek adalah ritual ciswak. Ritual ini merupakan kegiatan membuang sial bagi warga Tionghoa yang shionya diramalkan kurang beruntung atau tidak hoki pada Imlek yang sedang berlangsung.

"Ciswak ini semacam tolak balak atau buang sial. Bisa dilakukan dengan melepas hewan," kata Ketua Umum Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan, Selasa (5/2/2019).

Gunawan menjelaskan warga Tionghoa Tuban yang menggelar ritual ciswak dilakukan dengan cara melepas burung pipit Peking. Tradisi atau ritual ini pun sudah dilakukan sejak dulu.

Pelepasan burung tersebut diyakini dapat membuang sial pada Tahun Babi Kayu pada Imlek 2570 ini.

Di tahun ini ada beberapa shio yang diramal akan tidak hoki, di antaranya Shio Babi, Shio Ular, Shio Macan dan Shio Monyet.

"Mereka bisa melepas burung atau kura-kura," sambungnya.

Seorang warga Tionghoa yang usai melepas burung pipit peking, Yayuk menyatakan, ritual ini diyakini bisa membuang sial. Hal ini pun sudah dilakukannya setiap tahun saat Imlek.

"Saya shio macan, menurut astrologi China tidak cocok dengan Babi Kayu, sehingga saya melakukan ritual melepas burung pipit peking," tandas Yayuk di halaman tempat sembahyang.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved