Imlek 2019

Imlek 2019 - Makna Kalimat Gong Xi Fa Cai yang Sebenarnya, Bukan Ucapan Selamat Tahun Baru

Imlek 2019 - Makna Kalimat Gong Xi Fa Cai yang Sebenarnya, Bukan Ucapan Selamat Tahun Baru

Imlek 2019 - Makna Kalimat Gong Xi Fa Cai yang Sebenarnya, Bukan Ucapan Selamat Tahun Baru
TribunJatim.com/Mayang Essa
Tenant pernak-pernik khas Imlek di ITC Surabaya di even Bazaar Imlek. Rabu (9/1/2019). 

SURYA.co.id - Perayaan tahun Baru Imlek 2019 jatuh pada hari ini, Selasa (5/2/2019). Dalam perayaan Imlek, kalimat 'Gong Xi Fa Cai' pasti sering diucapkan maupun didengar.

Tak sedikit pula yang menganggap Gong Xi Fa Cai artitnya selamat tahun baru, namun ternyata kalimat tersebut memiliki arti yang berbeda.

Dilansir dari Tribunnews, menurut Koordinator Program Studi Bahasa Mandarin di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Nunung Supriadi menjelaskan bahwa Gong Xi Fa Cai artinya sebuah ungkapan doa.

"Arti Gong Xi Fa Cai bukan selamat tahun baru, tapi selamat berbahagia dan kaya raya," ujar Nunung dikutip dari artikel 'Imlek 2019 - Jangan Salah Sangka! Gong Xi Fa Cai Artinya Bukan Selamat Tahun Baru, ini Yang Benar', Senin (4/2/2019).

Dengan penjelasan tersebut, arti Gong Xi Fa Cai merupakan doa agar mendapat kekayaan yang semakin melimpah.

Doa tersebut biasanya disampaikan orang Tionghoa untuk dirinya sendiri maupun orang terdekatnya.

Penggunaan kata Gong Xi Fa Cai ternyata sudah berawal dari beberapa abad yang lalu.

Penggunaan dua kata pertama yaitu "Gong Xi" memiliki sejarah penggunaan yang cukup panjang, tetapi jika berdasarkan legenda maka ucapan ini digunakan untuk memberi selamat ketika penduduk China dapat mengatasi binatang buas Nian yang kerap memangsa mereka.

Namun, pada kenyataannya lebih kepada ucapan pemberian selamat di antara para penduduk China untuk merayakan berlalunya cuaca musim dingin yang luar biasa kerasnya.

Pada perkembangan selanjutnya, seiring membaiknya harapan kesejahteraan yang mengangkat kondisi yang serba keras, semangat kapitalisme dan konsumerisme yang melanda, seluruh komunitas China seluruh dunia menjadikan ditambahkannya kata "Fa Chai" (sejahtera / makmur) pada pengucapan tersebut.

Ucapan inilah yang sekarang lebih banyak terdengar pada komunitas masyarakat keturunan China di seluruh dunia ketika merayakan tahun baru Imlek.

Gambar Ucapan Imlek 2019

Selain tulisan, ucapan Tahun Baru Imlek 2019 juga bisa berupa gambar yang mungkin malah lebih menarik.

Gambar untuk ucapan Tahun Baru 2019 bisa kamu share melalui media sosial Instagram, untuk turut menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2019.

Gambar untuk ucapan Tahun Baru Imlek 2019 ini juga bisa dikirimkan ke keluarga maupun teman melalui aplikasi perpesanan Whatsapp.

Dilansir dari Tribun Jabar artikel 'Ucapan dan Gambar Tahun Baru Imlek 2019, Bisa Dikirim via Whatsapp, Facebook, dan Line", Selasa (29/1/2019), berikut kumpulan ucapan Tahun Baru Imlek 2019.

#1

HAPPY CHINESE NEW YEAR
HAPPY CHINESE NEW YEAR (Canva)

#2

Ucapan Tahun Baru Imlek 2019
Ucapan Tahun Baru Imlek 2019 (Canva)

#3

Gong Xi Fa Cai
Gong Xi Fa Cai (Canva)

#4

Ucapan Tahun Baru Imlek 2019
Ucapan Tahun Baru Imlek 2019 (Canva)

#5

Selamat Tahun Baru Imlek 2019
Selamat Tahun Baru Imlek 2019 (Canva)

#6

Gong Xi Fa Cai
Gong Xi Fa Cai (Canva)
Penulis: Arum Puspita
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved