Citizen Reporter

Hari Gizi Nasional 2019: SD Al Muslim Sidoarjo Gelar Edukasi Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Maschalul Izzi, anggota tim Green Education SD Al Muslim menyebutkan, arah pembangunan kesehatan dititikberatkan pada upaya promotif preventif.

Hari Gizi Nasional 2019: SD Al Muslim Sidoarjo Gelar Edukasi Makanan Sehat Bergizi Seimbang
foto: istimewa
SD Al Muslim bekerjasama dengan FKM Unair gelar kampanye manfaat makan ikan dalam rangka Hari Gizi Nasional 2019. 

DENGAN  mengangkat tema Bersama Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi dengan GEMARI (Gerakan Makan Ikan Sejak Dini) diharapkan seluruh siswa SD Al Muslim Sidoarjo khususnya dan seluruh anak-anak Indonesia menyadari pentingnya mengonsumsi ikan setiap hari sebagi pemenuhan gizi dalam masa pertumbuhannya.

Maschalul Izzi, anggota tim Green Education SD Al Muslim menyebutkan, arah pembangunan kesehatan saat ini dititikberatkan pada upaya promotif preventif yang dinilai dapat memberikan dampak kesehatan yang lebih luas dan lebih efisien dari sisi ekonomi.

Sebagai investasi utama pengembangan sumber daya manusia, pembangunan kesehatan yang berkelanjutan mutlak diperlukan. Salah satu komponen utamanya adaIah melalui perbaikan gizi masyarakat, terutama pada periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan.

Berbagai permasalahan gizi saat ini baik gizi kurang termasuk stunting dan gizi lebih, terjadi hampir di seluruh strata ekonomi masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan.

Hal itu menunjukkan, yang mendasari terjadinya masalah gizi bukan hanya kemiskinan, namun juga kurangnya pengetahuan masyarakat akan pola hidup sehat dan pemenuhan gizi yang optimal.

Oleh karena itu, dalam rangka menyambut peringatan Hari Gizi Nasional 2019, SD Al Muslim bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) khususnya Departemen Gizi Kesehatan memberikan edukasi pentingnya mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, Rabu (23/1/2019).

Kegiatan diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test guna mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa tentang pentingnya mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang terutama dalam mengonsumsi ikan.

Diikuti 800 siswa dan 75 guru. Masing-masing membawa bekal 4 sehat 5 sempurna dengan menu berbahan ikan atau olahan ikan.

Diadakan pula lomba membuat kreasi makanan 4 sehat 5 sempurna dengan menu berbahan ikan atau olahan ikan yang kemudian di-upload dengan tagar #hgn2019 #gemarmakanikan #gizifkmunair dengan batas akhir peng-upload-an Selasa (22/1/2019).

Sarapan bersama dengan menu ikan dilakukan sebelum memulai acara. Game yang dipandu mahasiswa FKM Unair dan materi yang disampaikan Triska dari FKM Unair benar-benar menggugah rasa ingin tahu dan penasaran siswa.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved