Berita Blitar

Jumlah Kasus DBD Terus Naik, Pemkot Blitar Gencarkan Program Ini

Jumlah kasus demam darah dengue (DBD) di Kota Blitar terus meningkat, dari 41 penderita akhir Januari, kini jadi 51 pasien.

Jumlah Kasus DBD Terus Naik, Pemkot Blitar Gencarkan Program Ini
surya/samsul hadi
Petugas dari Dinkes Kota Blitar saat melakukan fogging di Kecamatan Sananwetan. Selain fogging, Dinkes juga menggencarkan program satu rumah satu jumantik untuk mengendalikan penyebaran DBD di Kota Blitar. 

SURYA.co.id | BLITAR - Jumlah kasus demam darah dengue (DBD) di Kota Blitar terus meningkat. Sampai Senin (4/2/2019), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar mencatat ada 51 kasus DBD di wilayah Kota Blitar.

"Jumlah kasusnya terus bertambah, per hari ini sudah ada 51 kasus DBD. Padahal, pada 30 Januari 2019 lalu baru ada 41 kasus DBD," kata Kepala Dinkes Kota Blitar, M Muchlis.

Terus meningkatnya jumlah kasus DBD ini membuat Pemkot Blitar semakin waspada. Wakil Wali Kota Blitar juga mengeluarkan surat edaran tentang kesiapsiagaan peningkatan kasus DBD.

Dalam surat edaran itu, wakil wali kota meminta Dinkes agar terus memantau perkembangan kasus DBD dan meningkatkan pemantauan jentik di rumah warga.

Minimal, satu rumah harus ada satu juru pemantau jentik (jumantik).

"Saat ini kami sedang menggencarkan program satu rumah satu jumantik untuk pengendalian penyebaran demam berdarah," ujar Muchlis.

Selain itu, Pemkot Blitar juga menggerakkan aparatur sipil negara (ASN), karyawan swasta dan masyarakat agar melakukan kerja bakti di lingkungannya masing-masing.

Minimal, tiap seminggu sekali masyarakat harus mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan.

Pemkot Blitar juga meminta Dinkes untuk menyiapkan seluruh layanan kesehatan serta sarana prasarana penunjang baik di rumah sakit milik pemerintah maupun swasta, puskesmas dan klinik untuk melakukan diagnosa dini serta pengobatan penderita yang terinfeksi virus dengeu.

"Kami juga melakukan fogging di beberapa wilayah. Fogging ini dilakukan berdasarkan temuan kasus DBD," kata Muchlis.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved