Citizen Reporter

Mantapkan Identitas Pademawu Sebagai Desa Teri, Mahasiswa UTM Ajak Warga Ciptakan Nugger Teri

Desa Padelegan di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan dikenal sebagai desa teri. Untuk memantapkannya, mahasiswa UTM ajak buat nugget teri.

Mantapkan Identitas Pademawu Sebagai Desa Teri, Mahasiswa UTM Ajak Warga Ciptakan Nugger Teri
ist
Ilustrasi ikan teri 

Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, dikenal sebagai Desa Teri karena banyaknya teri yang tersedia dari hasil tanggapan nelayan.

Jenis ikan teri yang banyak dihasilkan nelayan Padelegan adalah teri nasi, Stelophorus SP dan Tolephorus Heterolobus.

Di Padelegan terdapat beberapa produk rumahan olahan ikan teri, seperti teri krispi dan teri asin. Namun, sebagai Desa Teri, masih banyak ikan teri yang dijual mentah sebelum diolah menjadi produk pangan.

Menanggapi hal itu, kelompok KKN 24 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) membuat inovasi produk pangan berupa sumpia dan nugget dengan bahan utama ikan teri. Rizat, mahasiswa UTM anggota KKN 24 menunjukkan produk yang mereka buat.

“Ini Sumpia Tega atau Sumpia Teri Padelegan dan Nugget Ikan Teri,” ucap Rizat, Senin (14/1/2019).

Fathorrachman, Camat Pademawu, saat melakukan kunjungan ke lokasi KKN Tematik Kelompok 24 UTM di Padelegan mengatakan, inovasi produk olahan ikan teri untuk memperkuat label desa Padelegan sebagai ‘Desa Teri’.

Dia mengatakan, Kecamatan Pademawu menargetkan untuk satu desa, dalam setahun, setidaknya memiliki 10 produk baru berbasis usaha masyarakat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

“Saya juga siap membantu produk Anda untuk dipasarkan,” terang Fathorrohman.

Salah satu ikhtiar pemerintah Desa Padelegan dalam mengembangkan ekonomi masyarakat desa adalah dengan membuat BUMDES L-Nusa. Menanggapi inovasi produk unggul sumpia dan nugget ikan teri dari KKN 24 UTM, rencananya, BUMDES L-Nusa akan memasukkan produk ini sebagai salah satu produk yang akan dipasarkan.

Tahap pertama yang dilakukan KKN 24 UTM adalah menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Produk Olahan Bahan Pangan: Nugget dan Sumpia Ikan Teri bersama PKK Desa Padelegan, Selasa (15/1/2019).

Yuni Sulistia (Tia), penanggung jawab acara itu, mengatakan, tujuannya untuk memberikan bekal kepada ibu-ibu PKK Desa Padelegan memproduksi sumpia dan nugget ikan teri.

“Teri, telur, tepung maizena dan tepung roti, lada, keju, serta bumbu pilihan lainnya,” ucap Tia, menyebutkan komposisi nugget ikan teri.

Mahasiswi Ekonomi Pembangunan itu melanjutkan, selain nugget juga memberikan pelatihan pembuatan makanan kering berupa sumpia ikan teri. Sumpia teri mudah dibuat. Para ibu PKK terampil membuatnya. Itu dapat menjadi makanan selingan sekaligus dijual.

Penulis : M Sya’iruddin, Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved