Citizen Reporter

Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Ajari Warga Olah Arang Sekam untuk Hidroponik

Mahasiswa kelompok 47 KKN Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengajak warga desa membuat arang sekam sebagai media tanam hidroponik

Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Ajari Warga Olah Arang Sekam untuk Hidroponik
ist
Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura (UTM) bersama warga mengolah sekam menjadi arang untuk medai tanam hidroponik. 

Mahasiswa kelompok 47 KKN Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang bertempat di Desa Pangpajung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan bekerja sama dengan pihak desa membuat arang sekam sebagai media tanam hidroponik.

Pembuatan media tanam hidroponik dari arang sekam merupakan program kerja yang digagas oleh mahasiswa KKN. Tujuannya untuk membantu kemandirian masyarakat guna memanfaatkan barang limbah agar lebih berguna dan memiliki harga jual. 

Program kerja pembuatan arang sekam dilakukan Kamis (17/1/2019) di salah satu rumah warga Desa Pangpajung. Kegiatan itu melibatkan Dinas Pertanian Kecamatan Modung, anggota PKK dan Kelompok Tani Desa Pangpajung, serta warga sekitar.

Menurut Mustakim selaku Koordinator Desa KKN UTM Kelompok 47, mereka ingin mengajak masyarakat Pangpajung memanfaatkan barang limbah.

“Itu juga untuk menyiapkan kegiatan lomba HATINYA (Halaman Asri Teratur Indah Nyaman) se-Kabupaten Bangkalan yang digagas oleh PKK,” ujar Mustakim.

Lomba HATINYA PKK meliputi penilaian taman yang terdiri dari warung hidup, toga, bank hidup, peternakan, dan perikanan yang akan dilestarikan masyarakat Pangpajung. Warga membuat taman di setiap halaman rumah dan sepanjang jalan desa serta halaman kantor kepala desa.

Mestiana, Ketua PKK Desa Pangpajung mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UTM ini sangat bagus karena dalam lomba HATINYA nanti juga akan ada jenis tanaman hidroponik.

“Itu tentu sangat membantu kami karena sebelumnya kami juga belum mengetahui bagaimana cara pembuatan media tanam hidroponik,” katanya.

Kegiatan itu juga mendapat apresiasi dari Kepala Desa Pangpajung, Mukib. Ia berterima kasih karena mahasiswa telah membantu dalam program yang diusung oleh PKK.

“Mahasiswa sudah membantu membuat media taman hidroponik dari arang sekam dan mengonsep desain taman yang ada di Kantor Kepala Desa Pangpajung. Harapan saya, Desa Pangpajung ini memperoleh urutan pertama se-Kabupaten Bangkalan,” pungkasnya.

Penulis : Abdul Hafidzurrohman
Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved