Sosok

Aulina Umaza Banyak Menginspirasi Pemuda untuk Mencintai Budaya

Aulina Umaza Banyak Menginspirasi Pemuda untuk Mencintai Budaya. Aulina Umaza merupakan satu diantara anak muda yang aktif menginspirasi para pemuda

Aulina Umaza Banyak Menginspirasi Pemuda untuk Mencintai Budaya
Surabaya.Tribunnews.com/Christine Ayu Nurchayanti
Aulina Umaza 

Surya.co.id | SURABAYA - Aulina Umaza merupakan satu diantara anak muda yang aktif menginspirasi para pemuda lainnya untuk ikut mencintai budaya.

Lina -sapaan akrab Aulina Umaza- aktif di berapa komunitas pelestari budaya seperti Ronggolawe Creative Center, Teropong Sejarah Tuban, Karya Budaya, dan Rimba Art Creation.

Alumnus S-1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini juga dinobatkan sebagai juara 1 Muda Sadar Budaya dan Pariwisata (Muda Sabudarta) tahun 2018.

Selain itu, gadis kelahiran 21 Juni 1997 ini juga aktif berpartisipasi dalam berbagai macam kegiatan pelestarian budaya.

Lina, panggilan akrabnya, mengemukakan, selain sibuk menulis artikel siaran Pospirit TV dan menjalankan bisnis travel, ia juga sedang sibuk menulis manuskrip Ronggolawe.

"Sekarang lagi proses penulisan manuskripnya. Masih riset sama teman-teman RCC, komunitas pemuda Tuban yang bergerak di bidang konservasi adat dan budaya, dan sama komunitas pemuda lainnya," tutur gadis yang juga sibuk menulis naskah drama musikal Pump and Jump ini.

Selan itu, Lina juga kerap menghadiri undangan untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada pemuda di beberapa tempat.

Satu di antaranya ialah sebagai pembicara workshop di sebuah acara kebudayaan di Mojoagung, Jombang.

"Acaranya diadakan oleh karang taruna. Mereka menyelenggarakan acara pemeliharaan budaya yang mengundang ratusan budayawan dari berbagai kota di Indonesia. Saat itu saya ngisi workshop literasi budaya dan minat baca," tutur Lina.

Lina juga mengaku bahwa dirinya tertarik memberikan kelas inspirasi kepada para pemuda dan anak-anak di desa.

Halaman
12
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved