Citizen Reporter

Tiga Pesona Taman Nasional Baluran, Dijuluki Little Africa karena Terdapat Padang Savana yang Luas

Taman Nasional Baluran (TNB) yang terletak di wilayah Situbondo dan Banyuwangi menjadi pilihan tepat untuk berlibur.

Tiga Pesona Taman Nasional Baluran, Dijuluki Little Africa karena Terdapat Padang Savana yang Luas
foto: istimewa
Salah satu suasana di Taman Nasional Baluran. 

TAMAN Nasional Baluran (TNB) yang terletak di wilayah Situbondo dan Banyuwangi menjadi pilihan tepat untuk berlibur. Seperti yang dilakukan sembilan mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang saat mengisi liburan semester tiga, Kamis (27/12/2018).

TNB sering dijuluki Little Africa karena terdapat padang savana yang luas. Tiket masuknya Rp 5.000 per orang. Di padang savana, pengunjung tidak diwajibkan harus berkendara di dalam mobil. Mereka boleh menggunakan sepeda motor.

Dari pintu gerbang masuk taman, pengunjung menempuh perjalanan lagi sekitar 14 kilometer melewati hutan hijau menuju padang savana. Bekol merupakan sebutan padang savana di TNB. Pengunjung dapat merasakan suasana kesunyian hutan. Di samping itu, sesekali akan menemukan satwa liar.

Di Bekol, pengunjung dapat menikmati pemandangan padang savana luas, beragam satwa dan Gunung Baluran. Di tengah Bekol terdapat beberapa pohon besar yang tumbuh kering. Pesona Bekol sangat tepat untuk dijadikan background foto ala-ala afrika. Terlebih di savana itu juga terdapat ikon tengkorak kepala banteng.

Meski pada musim kemarau. Tidak sedikit pengunjung rela terkena terik matahari untuk mendapat hasil foto yang maksimal.

Beberapa hewan yang hidup di TNB dan mudah ditemui adalah monyet, rusa, burung merak, dan lain-lain. Ada larangan pengunjung saat berada di savana Bekol, antara lain dilarang untuk memberikan makan satwa liar, dilarang berburu, serta dilarang terlalu mendekat dengan satwa liar. Itu untuk menjaga keselamatan diri pengunjung.

Perjalanan selanjutnya adalah ke Pantai Bama. Lokasi pantai itu tidak jauh dari savana Bekol, sekitar tiga kilometer. Di Pantai Bama, pengunjung dapat melihat gerombolan monyet di sekitar pantai. Gerombolan monyet bermain dan melompat di antara pepohonan. Meski demikian, pengunjung tetap diimbau untuk waspada dengan menjaga jarak.

Di tepi Pantai Bama terdapat hutan mangrove. Di hutan mangrove ada pohon-pohon besar yang akarnya muncul ke permukaan.

Pengelola hutan mangrove menekankan semua pengunjung untuk menjaga kebersihan sehingga di beberapa pohon dipasang papan kecil berisi larangan membuang sampah di sembarang tempat.

Hal yang harus diketahui, keuntungan berlibur ke TNB adalah mendapat beragam suasana pemandangan sekaligus.

Pertama, menikmati keindahan padang savana yang menghampar luas, kedua suasana laut biru dari tepi Pantai Bama, dan ketiga hutan magrove dengan pepohonan hijau dan rindang. Mari berlibur ke Baluran!

Suci Aristanti
Mahasiswa Pascasarjana
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
suciaristanti27@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved