Citizen Reporter

Teaching Factory SMK Negeri 1 Panggul, Jurusan APHPI Produksi Pengolahan Ikan Kaleng (Sardines)

model pendidikan yang cocok diterapkan di SMK adalah teaching factory. Melalui proses Teaching Factory, peserta didik dapat belajar berwirausaha.

Teaching Factory SMK Negeri 1 Panggul, Jurusan APHPI Produksi Pengolahan Ikan Kaleng (Sardines)
foto: istimewa
SMK Negeri 1 Panggul jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) kembangkan unit pengolahan ikan (sardines). 

PENDIDIKAN  kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik bekerja pada bidang keahlian tertentu. Salah satu model pendidikan yang cocok diterapkan di SMK adalah teaching factory.  Melalui proses Teaching Factory, peserta didik dapat belajar berwirausaha.

Mereka menghasilkan produk barang dan jasa dengan kualitas yang bisa diterima oleh masyarakat sehingga pada saatnya mereka siap terjun ke dunia industri.

Tanpa terkecuali itu dilakukan SMK Negeri 1 Panggul, Senin (24/12/2018). Sekolah kejuruan yang yang baru dibuka setahun itu mulai menerapkan teaching factory kepada peserta didik yang tergabung dalam jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi).

Peserta didik program keahlian APHPi dipersiapkan dan dibekali untuk menjadi tenaga terampil dalam industri pengolahan hasil perikanan.

Minat peserta didik SMK Negeri 1 Panggul untuk memasuki jurusan APHPi cukup bagus. Mereka antusias belajar hal-hal baru terkait dunia perikanan.

Selain itu, adanya tenaga profesional di bidang perikanan dan didukung dengan tersedianya sarana praktik yang memadai membuat suasana pembelajaran menjadi efektif.

Dalam rangka melatih peserta didik berwirausaha dan mendalami kompetensi yang mereka pelajari, program keahlian APHPi ini mengembangkan unit produksi pengolahan ikan kaleng (sardines).

Melalui kegiatan ini peserta didik berlatih mengelola pembuatan produk sampai dengan penjualannya. 

Unit produksi ikan kaleng di SMK Negeri 1 Panggul selain sebagai salah satu fasilitas belajar bagi siswa agar kompeten di bidangnya. Itu juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi nelayan khususnya, nelayan pesisir selatan Pantai Konang di kecamatan Panggul.

Ikan kaleng produksi SMK Negeri 1 Panggul diberi brand eSeMKa Sardines. Bahan dasarnya adalah ikan lemuru (Sardinella lemuru).

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved