Citizen Reporter

Tarian Sufi di Haul Syekh Maulana Jalaludin Ar-rumi, Kita Tidak Boleh Alergi yang Berbau Arab

Pukul 20.15 para penari sufi mulai meliuk dengan indah diiringi lantunan salawat oleh Galbu Music Orchestra.

Tarian Sufi di Haul Syekh Maulana Jalaludin Ar-rumi, Kita Tidak Boleh Alergi yang Berbau Arab
foto: istimewa
Tarian Sufi mewarnai Haul ke-745 Syekh Maulana Jalaludin Ar-rumi di Blora Jateng. 

PENGAJIAN  akbar dalam rangka Haul Nasional Syekh Maulana Jalaludin Ar-Rumi ke-745 dan Hari Jadi Blora ke-369 sukses digelar di Taman Tuk Buntung, Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Acara yang diselenggarakan Rabu (26/12/2018) itu dimeriahkan oleh 1.000 penari sufi se-nusantara, Ishari NU Cepu, Galbu Music Orchestra, pertunjukan wayang kulit, dan demo lukis.

Acara dimulai sekitar pukul 20:00 setelah hujan reda. Acara resmi dibuka oleh KH Amin Maulana Budi Harjono yang merupakan salah satu tokoh penggerak tari sufi dari Semarang.

Pukul 20.15 para penari sufi mulai meliuk dengan indah diiringi lantunan salawat oleh Galbu Music Orchestra.

Sayangnya, lapangan tak cukup menampung 1.000 sekaligus penari sufi, sehingga mereka harus menari bergantian. Namun, tetap saja indah. Mereka menari dalam rangka aktualisasi agama dan budaya.

Di tengah acara, Kiai Budi, sapaan akrabnya, mulai memberikan tausiyah. Kebanyakan tausiyahnya bernuansa cinta, sufisme, dan ada unsur budaya.

Ia juga memberikan wejangan ‘Barat diruwat, Arab digarap, Jowo digowo’. Maknanya, orang Jawa tidak boleh lupa bagaimana semestinya orang Jawa.

“Kita juga tidak boleh alergi dengan yang berbau Arab. Selain itu, kita harus bisa seperti orang Barat dalam hal kecerdasan,” katanya.

Setelah itu, para penari sufi kembali memasuki lapangan dan menari. Kali ini diiringi oleh gamelan. Acara dilanjutkan orasi budaya dan ditutup dengan pertunjukan wayang oleh Ki Dhalang Gondrong dari Rembang.

Winanti Rahayu Indah L
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura
winantiril@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved