Citizen Reporter

Program Live-in Siswa Kelas XI SMA St Albertus di Malang Raya, Hidup Bersama Orang Tua Angkat

Siswa sebanyak 321 orang, mengikuti program live-in. Program ini adalah program tahunan yang diadakan sekolah.

Program Live-in Siswa Kelas XI SMA St Albertus di Malang Raya, Hidup Bersama Orang Tua Angkat
foto: istimewa
Ilustrasi program live-in 

SISWA kelas XI SMA Katolik St Albertus harus meninggalkan “zona nyaman”. Mereka harus hidup tanpa menggunakan gawai selama empat hari tiga malam.

Siswa sebanyak 321 orang, mengikuti program live-in. Program ini adalah program tahunan yang diadakan sekolah.

Tahun ini, live-in dilaksanakan di lima tempat. Kelima tempat itu adalah Dusun Ngrejo, Desa Ngluwut, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Panti Wherda Pangesti Malang, Panti Asuhan Bhakti Luhur Malang, Pondok Pesantren Sabillrrosyad Gasek Malang, dan Vihara Dhammadipa Arama di Batu.

Berbeda dengan kegiatan live-in tahun lalu, yang hanya dilaksanakan di dua tempat, yaitu di desa dan di panti asuhan.

“Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi anak-anak,” ungkap Bernardus Purnawan, ketua live-in.

Kegiatan yang dilaksanakan 10-13 Desember 2018 menjadi pengalaman pertama bagi siswa untuk mencari nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat.

Pada awal keberangkatan program live-in, sebagian besar siswa takut dan merasa gelisah untuk hidup membaur dengan orang-orang baru. Mereka merasa akan pingsan jika tidak memegang gawai selama empat hari.

Penempatan live-in di Desa Ngluwut, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang di akomodasi oleh Gereja Stasi Ngrejo Paroki Kepanjen.

Begitu tiba di Stasi Ngrejo, siswa sudah dinantikan oleh keluarga angkat masing-masing. Sambutan dari keluarga angkat yang hangat dan ramah, membuat ketakutan dan kegelisahan mereka mulai mencair. Senyum anak-anak mulai mengembang.

Siswa mulai mengikuti kegiatan di rumah keluarga angkat. Ada yang diajak menanam padi di sawah, mencangkul, mencari kayu di hutan, bahkan ada yang menggembalakan itik di sawah.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved