Citizen Reporter

Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura Ajari Ibu-ibu PKK Desa Majungan, Buah Mangrove jadi Teh 

Tumbuhan bakau atau yang disebut dengan hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura  Ajari Ibu-ibu PKK Desa Majungan, Buah Mangrove jadi Teh 
foto: istimewa
Mahasiswa KKN 32 Universitas Trunojoyo Madura saat berada di Balai Desa Majungan. 

TUMBUHAN  bakau atau yang disebut dengan hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut.  Keberadaan hutan mangrove biasanya tumbuh bergerombol di daerah pesisir laut atau hulu sungai.

Fungsi utama hutan bakau selain sebagai melindungi garis pantai dari abrasi, ia mampu meredam terjadinya banjir akibat tsunami.

Di Desa Majungan di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, mangrove tumbuh dengan melimpah.

Pertumbuhan hutan mangrove di area pesisir pantai di desa itu sangatlah pesat. Untuk bisa sampai ke hutan, masyarakat biasanya memnggunakan dua akses jalan. Pertama melalui jalur darat melewati tambak garam dan kedua menaiki perahu nelayan yang jalurnya melewati sungai sampai lepas ke pantai.

Mahasiswa KKN 32 Universitas Trunojoyo Madura, melihat ada potensi yang luar biasa terhadap pertumbuhan mangrove itu.

Berkaca pada peristiwa sebelumnya terkait pelestarian mangrove, mahasiswa dengan dosen pembimbing Teguh Hidayatul Rachmad mengolah sumber daya alam yang melimpah ruah itu dalam pelatihan untuk warga.

Pelatihan yang dilaksanakan Senin (14/1/2019) itu bertepatan dengan kegiatan PKK Desa Majungan.

Bertempat di Balai Desa Majungan, Mahasiswa KKN 32 memberikan pengarahan serta pelatihan berkait dengan produk unggulan dengan berbahan dasar tanaman mangrove kepada sekitar 40 ibu PKK.

Tujuan pelatihan itu untuk melatih masyarakat Majungan menjadi masyarakat yang mandiri dengan potensi desa yang dimiliki. 

Pelatihan yang diberikan adalah pengolahan tanaman mangrove menjadi teh. Ide itu memunculkan brand dari teh itu menjadi Teh Mama.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved