Citizen Reporter

Leadership Gathering Ngobrolin Bakti Nusa, Berbagi Tips dan Trik Lolos Seleksi

BEASISWA Aktivis Nusantara (Bakti Nusa) merupakan program pengembangan kepemimpinan bagi aktivis mahasiswa oleh lembaga Dompet Dhuafa.

Leadership Gathering Ngobrolin Bakti Nusa, Berbagi Tips dan Trik Lolos Seleksi
foto: istimewa
Leadership Gathering Ngobrolin Bakti Nusa ditutup dengan doa dan foto bersama. 

BEASISWA  Aktivis Nusantara (Bakti Nusa) merupakan program pengembangan kepemimpinan bagi aktivis mahasiswa oleh lembaga Dompet Dhuafa. Itu untuk membentuk pemimpin berkarakter dan berkompeten.

Mereka diharapkan berperan aktif di tengah masyarakat demi terwujudnya Indonesia berdaya. Tujuan utamanya adalah membentuk pemimpin yang berintegritas, cendekia, transformative, dan melayani masyarakat.

Bakti Nusa telah berdiri sembilan tahun di beberapa universitas negeri di Indonesia. Tahun ini telah dibuka pendaftaran bagi calon penerima manfaat Angkatan 9 yang dimulai 8-26 Januari 2019.

Dari seluruh pendaftar hanya akan disaring menjadi 75 penerima manfaat di 22 kampus negeri dan 12 regional. Ke-12 regional itu adalah Jakarta, Bogor, Bandung, Palembang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Padang, dan Pontianak.

Sebagai salah satu bentuk ikhtiar menyosialiasikan program Bakti Nusa ke calon penerima manfaat Angkatan 9, lima penerima manfaat Bakti Nusa 8 Malang (Azzam, Nopri, Khan, Tsania, dan Imah) mengadakan Leadership Gathering bertemakan Ngobrolin Bakti Nusa, Rabu (16/1/2019).

Peserta yang hadir adalah para aktivis mahasiswa dari Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB) angkatan 2015.

Pukul 16.00 bertempat di Kafe Pustaka Universitas Negeri Malang, agenda Leadership Gathering dimulai. Azzam, penerima manfaat Bakti Nusa 8 Malang dari UB kemudian menyampaikan program dan penjelasan umum berkait dengan pengenalan Bakti Nusa.

Selanjutnya, Nopri menyampaikan alur seleksi secara rinci dan menjelaskan berkas apa saja yang harus dipenuhi calon penerima.

Selain menyampaikan alur seleksi, Nopri juga berbagi tips dan trik lolos seleksi Bakti Nusa dengan rangkaian seleksi yang cukup panjang dan sangat kompetitif.

“Kuncinya adalah sabar menjalani segala rangkaian seleksinya, menyiapkan berkas selengkap-lengkapnya, dan yakin mampu melewati prosesnya. Kalau sudah rezeki, tidak akan ke mana,” ujar Nopri kepada para peserta gathering.

Seusai penyampaian desain program dan alur seleksi, dilanjut dengan tanya jawab dan diskusi bersama para peserta yang hadir.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved