Citizen Reporter

Kegiatan Ayo Sinau Rek di Perpustakaan Ngagel Rejo Surabaya, Belajar Berbagi dari Sepotong Wafer

Kegiatan siang itu bertema “Berbagi”. Dari sebungkus wafer tadi, anak-anak diajak berdiskusi tentang kegiatan berbagi.

Kegiatan Ayo Sinau Rek di Perpustakaan Ngagel Rejo Surabaya, Belajar Berbagi dari Sepotong Wafer
foto: istimewa
Kegiatan Ayo Sinau Rek di Perpustakaan Ngagel Rejo Surabaya diisi pelajaran “Berbagi” sesama teman. 

SEKELOMPOK mahasiswa duduk santai di Perpustakaan Kelurahan Ngagelrejo Surabaya. Tidak lama kemudian, masuklah tiga orang anak berusia sekitar 12 tahun. Sabtu (12/1/2019) menjadi hari yang menyenangkan bagi anak-anak pengunjung Perpustakaan Kelurahan Ngagelrejo.

“Daripada gabut di rumah Mbak, mending main ke perpus,” begitu kata Angga salah satu pengunjung perpustakaan yang datang bersama teman-temannya siang itu.

Cuaca memang tidak begitu panas sehingga Angga dan teman-temannya semangat datang ke perpustakaan dengan mengayuh sepeda.

Salah seorang mahasiswa tiba-tiba membuka sebungkus wafer rasa vanila. Isinya hanya satu lempeng. Ukurannya pun tidak terlalu besar, kira-kira 2 x 20 cm. Wafer itu dibuka lalu disodorkan kepada Angga sambil berucap, “Dibagi-bagi ya sama temannya”.

Angga mematahkan wafer hingga menjadi beberapa bagian. Karena jumlah temannya banyak maka tidak semuanya kebagian wafer.

Sekolompok mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Forum For Indonesia (FFI) itu kemudian meminta semua anak yang hadir untuk berkumpul di tengah.

Para anggota FFI memperkenalkan diri satu per satu dan bergantian dengan anak-anak pengunjung. Kegiatan siang itu bertajuk Ayo Sinau Rek yang diikuti 21 anak dengan dibimbing para anggota FFI divisi pendidikan.

Kegiatan siang itu bertema “Berbagi”. Dari sebungkus wafer tadi, anak-anak diajak berdiskusi tentang kegiatan berbagi.

Jika anak-anak hanya tahu bahwa berbagi itu harus berupa barang, maka dalam kegiatan ini anak-anak diajak mengerti tentang berbagi yang tidak harus dalam bentuk barang.

Dengan menghabiskan makanan yang disediakan ibu, itu bisa disebut berbagi yaitu berbagi kebahagiaan. Bahkan hanya dengan tersenyum pun sudah bisa disebut dengan berbagi.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved