Citizen Reporter

Workshop Merajut Rumah Inspiratif di Jombang: Hasilkan Karya Sendiri itu Membanggakan

Sinta mengaku keterampilan merajut bisa dilakukan oleh siapa saja, asal telaten. Keterampilan Sinta adalah membuat kerajinan tangan dari benang.

Workshop Merajut Rumah Inspiratif di Jombang: Hasilkan Karya Sendiri itu Membanggakan
foto: istimewa
Ilustrasi merajut 

AKHIR PEKAN  menjadi waktu yang cocok untuk bersantai dan beristirahat setelah aktivitas di hari-hari aktif membuat lelah. Akan tetapi, alangkah baiknya akhir pekan tetap menjadi hari aktif yang menyenangkan di sela-sela kesibukan.

Itu seperti yang dilakukan komunitas Rumah Inspiratif di Jombang di akhir pekan. Mereka menyelenggarakan workshop merajut, Minggu (6/1/2019). Kegiatan itu berlangsung pukul 13.00-16.00.

Peserta sengaja dibatasi agar workshop tetap berjalan lancar dan tidak kerepotan. Sepuluh peserta datang dari berbagai kalangan, mulai dari usia SMA hingga ibu rumah tangga. Perwakilan komunitas lain di Kabupaten Jombang juga turut belajar membuat dompet mini.

Begitu antusiasnya peserta, salah seorang peserta mau menyediakan tempat di rumahnya. Ia ingin, kali lain pelatihan bisa dilakukan di rumahnya karena ia melihat kegiatan itu positif, bagus, dan menghasilkan.

Agenda akhir pekan lalu itu mendatangkan Sinta Nur Kholifah, alumnus Universitas Negeri Malang. Ia memiliki keterampilan yang luar biasa. Sinta sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk workshop merajut.

Sinta mengaku keterampilan merajut bisa dilakukan oleh siapa saja, asal telaten. Keterampilan Sinta adalah membuat kerajinan tangan dari benang yang bisa dijadikan sebuah tas, dompet, dan lain-lain.

Kerajinan tangan yang diajarkan Sinta cukup mudah dan sederhana, tetapi dapat membuahkan hasil yang sangat luar biasa.

Pelatihan itu sangat bermanfaat bagi peserta, terutama yang memiliki bakat dalam seni rajut. Mereka yang awalnya belum tahu akhirnya menjadi tahu dan bisa. Mereka mampu menghasilkan karya yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Melalui kegiatan itu, Rumah Inspiratif mendorong generasi muda agar menjadi produktif. Menghasilkan karya dari tangan sendiri itu membanggakan.

Workshop itu membuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari karya yang dibuat. Seni merajut selalu memiliki nilai tesendiri jika kualitas dan kreativitas terjaga.

Ellina Dea Ekawati
Pelajar MAN 4 Jombang
ellinadeaekawati@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved