Citizen Reporter

Workshop Jurnalistik Mahasiswa FKIP Universitas Jember (Unej): Kampus Menarik untuk Reportase

“Kampus menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi mereka yang ingin mendalami jurnalistik. Di kampus selalu ada aktivitas menarik."

Workshop Jurnalistik Mahasiswa FKIP Universitas Jember (Unej): Kampus Menarik untuk Reportase
foto: istimewa
Ilustrasi workshop jurnalistik. 

WORKSHOP peningkatan kualitas mahasiswa untuk pemenuhan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) mahasiswa dilaksanakan di FKIP Universitas Jember (Unej). Pemenuhan SKP itu melalui pelatihan jurnalistik, Rabu (19/12/2018).

Kegiatan itu merupakan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tentang dunia jurnalistik. Acara itu dipandu oleh Anita Widjajanti dan dibuka Arju Muti'ah, keduanya dosen FKIP Unej

Dalam workshop yang diikuti 30 peserta itu, Arju Muti'ah menyampaikan manfaat acara itu.

“Ini sebagai cikal bakal untuk mata kuliah Peminatan Jurnalistik,” katanya.

Ditengarai, jurnalistik saat ini jarang diminati banyak anak muda karena orang berpikir itu sangat sulit dilakukan. Akan tetapi, terbukti tidak demikian setelah mengikuti workshop.

Endah Imawati dari Harian Surya yang memberi materi mengungkapkan sisi menarik jurnalistik.

“Kampus menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi mereka yang ingin mendalami jurnalistik. Di kampus selalu ada aktivitas menarik yang patut dijadikan reportase,” kata Endah.

Aktivitas yang beragam itu menjadikan kemampuan mahasiswa terasah. Semakin beragam aktivitas yang ditulis dalam reportase, semakin berkembang gaya penulisannya.

“Terbukti, beberapa mahasiswa dapat menyelesaikan berita dengan benar. Bukan hanya reportase tentang aktivitas workshop, pada akhirnya saat ini mahasiswa juga bisa menulis reportase tentang aktivitas di masjid kampus,” tambahnya, Rabu (9/1/2019).

Setelah penyampaian materi selesai, mahasiswa dituntut untuk berani menulis dan diarahkan untuk menjadi reporter.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved