Citizen Reporter

Workshop Jurnalistik di FISIP Ubhara Surabaya: Mari Viralkan Kampus!

Workshop itu menghadirkan dua jurnalis senior Harian Surya, Endah Imawati dan Dodo Hawe sebagai narasumber.

Workshop Jurnalistik di FISIP Ubhara Surabaya: Mari Viralkan Kampus!
foto: istimewa
Dodo Hawe jurnalis senior Harian Surya saat menyampaikan materi dalam workshop jurnalistik di FISIP Ubhara Surabaya. 

MENULIS berita tak sekadar melaporkan peristiwa sesuai kaidar jurnalistik 5 W + 1 H. Harus ada nilai-nilai lebih yang bisa pembaca ambil dari berita yang ditulis.

Tak cuma itu, pemilihan diksi yang tepat juga menjadi hal penting dari sebuah berita. Pemaparan itu disampaikan redaktur Harian Surya, Endah Imawati saat mengisi acara workshop bertema 'Viralkan Kampusmu' yang digelar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bhayangkara, Surabaya, Rabu (9/1/2019).

Workshop itu menghadirkan dua jurnalis senior Harian Surya, Endah Imawati dan Dodo Hawe sebagai narasumber. Acara yang digelar di gedung Fisip lt.3 itu berlangsung serius, namun santai.

Endah memaparkan fakta dunia media massa saat ini yang kini memasuki era digital serta bagaimana memanfaatkan. Tak hanya itu, redaktur rubrik Citizen Reporter ini juga mengajak para peserta untuk langsung praktik menulis sesuai kaidah jurnalistik.

"Yang harus diperhatikan saat menulis adalah pemilihan diksi yang tepat agar bisa dipahami oleh pembaca," tegasnya.

Sementara itu, Dodo Hawe menjelaskan tentang bagaimana cara menghasilkan foto dan video yang bagus melalui ponsel android. Peserta juga diajarkan cara membuat vlog yang simpel serta cara memviralkannya. 

Di sela acara, Dodo Hawe memberikan challenge kepada mahasiswa untuk membuat vlog menggunakan smartphone yang menjadikan acara semakin meriah.

"Materi yang disampaikan Mas Dodo sangat menarik dan mudah kami pahami," aku Devia Putri Ayu SS, peserta.

Menurutnya, acara seperti ini sangat bermanfaat bagi dia dan teman-temannya yang notabene generasi milenial.

"Ini dapat menambah ilmu cara menulis berita dengan benar dan juga cara pengaplikasiannya melalui foto, video, serta vlog yang lagi ngetren di era milenial ini," katanya.

Wakil Dekan Fisip Ubhara, M Fadeli mengatakan terkait workhsop itu, diharapkan mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi digitalnya. Bukan hanya itu, mereka juga dapat memaksimalkannya melalui konten positif misalnya membuat vlog

"Dalam proses pembelajaran sedapat mungkin kita menghadirkan para pakar, praktisi agar mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga praktik dan mendapatkan informasi langsung dari ahlinya," katanya.

Bagus Hidayatullah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Universitas Bhayangkara Surabaya
aksmanafaatih@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved