Citizen Reporter

Pelantikan HIPGABI Jatim, Menunggu Action Perawat Gawat Darurat

Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Jawa Timur resmi dilantik oleh Toto Suharyanto,pengurus pusat HIPGABI.

Pelantikan HIPGABI Jatim, Menunggu Action Perawat Gawat Darurat
foto: istimewa
Ilustrasi perawatan darurat 

AKHIRNYA Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Jawa Timur resmi dilantik oleh Toto Suharyanto, Ketua Bidang Organisasi dan Pengkaderan Dewan Pengurus Pusat HIPGABI.

Pelantikan berlangsung di gedung Pusat Pelayanan Jantung Terpadu RSUD Dr Soetomo Surabaya, Sabtu (22/12/2018).

Menurut Toto, HIPGABI Jawa Timur harus bangkit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Keberadaannya selalu dinantikan masyarakat yang tertimpa bencana dan kegawatdaruratan baik dalam bidang gawat medis maupun kegawatan bencana pre hospital,” kata Toto.

HIPGABI Jawa Timur yang vakum selama ini ternyata secara diam diam sudah bergerak menjalankan kewajibannya menolong sesama korban bencana. Itu terbukti turun langsung ke medan bencana di RS Tanjung Lombok, bekerja sama dengan DPW Jawa Timur Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Di samping turun di medan bencana, HIPGABI senantiasa berkoordinasi dengan HIPGABI Pusat agar kontribusi pengiriman tenaga sebagai sukarelawan maupun dalam bentuk sumbangan finansial di medan bencana bisa terlaksana secara bergantian dengan HIPGABI se-Indonesia.

Toto juga mengajak perawat-perawat senior maupun perawat yunior untuk bergabung dalam wadah perawat gawat darurat. Itu sebagai kancah pengabdian dan menimba ilmu di bidang kegawatdaruratan bencana serta menjalankan kewajiban sebagai perawat yang penuh dedikasi bidang kegawatan

“Kami yakin HIPGABI Jawa Timur akan menunjukkan action-nya untuk terjun langsung di medan bencana tanpa memandang siapa yang harus ditolong untuk dilakukan evakuasi, “ ujarnya saat memberikan sambutan di seminar dan workshop bertema Manajemen Penanggulangan Bencana secara Komprehensif di tempat yang sama.

Sisi lain ketua terpilih adalah Sriyono. Bersama pengurus yang lain, ia diharapkan dapat meningkatan dan memajukan action and plan yang terstruktur dan berfokus pada pelayanan kegawatan bencana maupun medis.

“Kemajuan organisasi ini tidak lepas dari sumbangsih semua teman perawat khususnya perawat-perawat gawat darurat di rumah sakit se-Jawa Timur,” kata Sriyono. Ia menambahkan, masyarakat perlu mengetahui perawat gawat darurat berani terjun dan mengabdi kepada masyarakat yang tertimpa bencana.

Agus Haryanto
STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto
Ketua Departemen Kerja Sama, Humas, dan Publikasi
HIPGABI Jawa Timur
haryanto.ags@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved